Bayu Syahjohan: Ono Surono Sosok Pemimpin PDI-P Jabar yang Muda dan Militan

BOGOR, INDONEWS,– DPD PDI Perjuangan Propinsi Jawa Barat sukses menyelenggarakan konferensi daerah (Konferda) dengan salah satu agendanya adalah pemilihan ketua yang baru, mengingat Ketua DPD sebelumnya, yaitu Mayjen (Purn) TNI Tubagus (Tb) Hasanuddin mendapatkan penugasan baru.
Konferda sendiri berlangsung di aula Hotel Grand Asrilia, Bandung. Hadir semua pengurus cabang PDIP di Jawa Barat. Dari unsur DPP PDIP, hadir Wasekjen Utut Adianto, Ketua DPP Andreas Hugo Pareira, Nusyirwan Sudjono, dan Sukur Nababan.

Ono Surono ST kemudian terpilih sebagai suksesor Tb. Hasanuddin untuk menahkodai PDI-P Jawa Barat lima tahun kedepan. Terpilihnya Ono dibanjiri ucapan selamat serta doa agar PDI-P di Jabar semakin dicintai rakyat Indonesia.

Salah satu ucapan dan doa disampaikan Ketua DPC PDI-P Kabupaten Bogor, Bayu Syahjohan didampingi Sekretaris DPC PDI-P Kabupaten Bogor H. Bambang Gunawan.

“Kami yakin, ditangan Pak Ono Surono, PDI-P di Jawa Barat akan semakin harum dan dicintai rakyat Jabar khususnya. Pak Ono diyakini bisa melanjutkan kepemimpinan DPD PDIP Jabar dengan penuh kedisplinan serta mampu melanjutkan kepemimpinan partai yang sudah dirintis oleh Pak Hasanuddin. Selamat bertugas Pak Ono, kami selalu mendukungmu,” ucap Bayu, Sabtu 27 Juli 2019.

“Selamat sekali lagi pak Ono. Mari kita siapkan program partai terbaik, mengakar, menyatu dengan seluruh pergerakan partai,” tambahnya penuh semangat.

Bayu mengaku tahu betul sosok Ono Surono yang juga anggota DPR RI, duduk di Komisi IV membidangi masalah pertanian, perikanan, dan peternakan. Dengan pengalamannya itu, Bayu yakin dengan komando Ono Surono, PDIP di Jabar tetap menjaga loyalitasnya.

Ono Surono, ST


Biografi

Bayu menambahkan, Ono Surono merupakan pria kelahiran Indramayu, 24 Agustus 1974 silam, dengan demikian ia masih sangat tergolong muda. Tempat kelahirannya yang ada di Jawa Barat itu juga membuat Ono tumbuh besar dengan didikan keramahan, tutur kata santun dan berperilaku terpuji.

“Selain muda, suami dari Bu Setyowati Anggraini Saputro ini juga dikenal sebagai sosok ‘militan’ alias bersemangat tinggi, penuh gairah dan berhaluan keras. Ia juga berkarakter bijak namun tegas dalam mengambil keputusan, sehingga ia akan memimpin PDI-Perjuangan sesuai kultur Jawa Barat yang ramah, santun dan mengedepankan istilah silih asih, silih asuh, silih asah yang merupakan salah satu ‘senjata’ warga Jawa Barat dalam bekehidupan sosial,” jelasnya.

“Ayah Pak Ono Surono, yaitu H. Mustakim (Alm) dan ibunya Hj. Siti Marchuma merupakan orang terpandang yang sukses mendidik Pak Ono menjadi sosok yang hebat, anak bangsa yang dibentengi dengan kebijaksanaan dan penuh perhitungan dalam mengambil tindakan,” tandasnya.

Sementara itu, H. Bambang Gunawan juga tak mau ketinggalan mengungkap biografi Ono Surono. Bambang yang juga mengagumi Ono mengaku banyak belajar dari sosoknya itu.

“Saya pun setuju jika Pan Ono ini adalah sosok ‘militan’. Seperti kita ketahui, salah satu dfinisi militan sangat bagus sekali ditujukan kepada orang -orang yang bersemangat, dan memiliki sikap pantang menyerah. Beliau adalah sosok tepat untuk memimpin Jawa Barat. Seperti diungkapkan Pak Bayu tadi, beliau adalah sosok yang bisa kita teladani,” imbuhnya.
Dikatakan, karir sosial dan politik Ono Surono juga sudah matang. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara PAC PDI Perjuangan Kec. Indramayu (tahun 1998 -2000), Wakil Bendahara DPC PDI Perjuangan Kab. Indramayu (tahun 2000 -2004), Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab. Indramayu (tahun 2004–2005) dan Anggota DPRD Kab. Indramayu (2004 -2009).

“Selain itu, beliau juga menjabat Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kab Indramayu pada tahun 2005, lalu sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Propinsi Jawa Barat sejak 2010 hingga tahun 2019 ini,” paparnya.

Selain itu, Ono Suroni juga menjabat Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab. Indramayu tahun 2010 -sekarang, Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Jawa Barat tahun 2012-sekarang, Anggota Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN) tahun 2012 – sekarang, Ketua Kompartemen Perikanan dan Kelautan KADIN Indramayu tahun 2010 –sekarang, Wakil Ketua BPC HIPMI Kab. Indramayu tahun 2009 – 2012, anggota Dewan Pakar Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Barat 2012 – sekarang dan Anggota DPR-RI Komisi IV Periode 2014 – 2019.

“Dengan pengalamannya itu, kita tak meragukan lagi kepemimpinannya. Selamat bertugas Pak Ono, semoga sukses selalu. Dan kami selalu mendukungmu,” pungkas Bambang. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook