Puskesmas Sukasari Bertekad Turunkan Stunting, Desa Cibinong Hilir Siap Alokasikan DD

CIANJUR, INONEWS,– Puskesmas Sukasari bertekad menurunkan angka stunting, khususnya di Desa Cibinong Hilir, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala UPTD Puskesmas Sukasari Yudiansyah Sutawijaya S.Am, bahwa UPTD Puskesmas Sukasari berkomitmen memerangi persoalan Stunting.

“Kami akan melakukan berbagai cara dalam salah satu target menurunkan mencegah dan penanggulangan stunting. Ada 10 desa binaan yang ada di wilayah UPTD Puskesmas Sukasari, dan dari 10 desa itu, ada 8 desa yang bermasalah gizi yang harus diatasi,” papar Yudiansyah.

Yudi menambahkan, secara umum pihaknya membantu pemerintah, khsusnya bidang kesehatan agar tidak ada lagi stunting di Kabupaten Cianjur.

“Upaya menurunkan stunting ini perlu perhatian serius. Sesuai arahan pemerintah pusat, jangan ada lagi stunting, untuk itu kami berkerja sama dengan Desa Cibinong Hilir melakukan rembuk mencari solusi penurunan stunting yang dilaksanakan di aula Desa Cibinong Hilir, Jumat 2 Agustus 2019 ini,” katanya.

Dikatakan, pihaknya memberikan sosialisasi tentang kesehatan kekurangan gizi atau stunting mengingat di Desa Cibinong Hilir banyak yang mengalami stunting, hampir 26 persen.


Diperlukan

Sementara itu, Kepala Desa Cibinong Ayi Ismail mengatakan, rembuk stunting ini diperlukan untuk menyamakan persepsi dalam menangani stuntu di desanya.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi UPTD Puskesmas Sukasari yang mau melaksanakan rembuk stunting di Desa Cibinong Hilir. Ini sangat diperlukan. Masyarakat Desa Cibinong Hilir harys diberikan sosialisasi tentang bagaimana cara untuk pencegahan dan penanggulangan stunting,” katanya.

Dengan demikian, tambah Ayi, para ibu yang memiliki balita bisa melakukan langkah-langkan damencegah stunting sehingga anak-anak di Desa Cibinong Hilir tak lagi kekurangan gizi.

“Stunting ini adalah masalah serius yang harus diperhatikan pemerintah desa maupun dinas kesehatan. Karena itu Desa Cibinong Hilir akan mengalokasikan DD tahap 2 untuk memberikan bantuan makanan atau susu penambahan gizi kepada masyarakat, khususnya balita. Ini upaya kami untuk mencegah dan menanggulangi stunting di masyarakat Desa Cibinong Hilir,” pungkasnya.

Dalam, pertemuan rembuk stunting tersebut hadir BPD, MUI, tokoh masyarakat, RT RW, kader posyandu, warga masyarakat dan staf Desa Cibinong Hilir. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook