Sebelum Menutup Kongres, Ini Mandat Presiden untuk Bara JP

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Kongres Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di Forest Resort Hotel, Pamoyaman, Bogor, Jumat, 2 Agustus 2019

BOGOR, INDONEWS,– Kongres Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di Forest Resort Hotel, Pamoyaman, Bogor, Jumat, 2 Agustus 2019 ditutup Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelum menutup kongres, Jokowi memberikan mandat pada kepada Bara JP untuk terus membantu program-program pemerintah meski pemilihan presiden telah usai. Mula-mula Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras para relawan yang mengawal Pemilu dan memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Tapi pekerjaan belum selesai. Pekerjaan besar kita masih panjang. Tantangan-tantangan yang kita hadapi juga masih besar dan masih panjang. Salah satu pekerjaan besarnya adalah membangun Danau Toba menjadi destinasi wisata yang berkelas. Saat ini pemerintah tengah fokus membenahi Danau Toba yang sudah lama tak tersentuh,” kata Jokowi disambut tepuk tangan hadirin kongres.

Menurutnya, tujuan menata Danau Toba bukan karena membalas budi atas kemenangan yang dicapainya pada pilpres 2019 yang mendapatkan suara 97 persen. “Tapi bukan karena itu. Memang karena kita ingin membangun Danau Toba ini sebagai destinasi wisata yang kelasnya bisa kita banggakan,” ujarnya.

Selain Danau Toba, Jokowi mengatakan pemerintah juga sedang membangun infrastruktur penunjang kawasan wisata di Manado, Sulawesi Utara. Infrastruktur diperlukan karena Indonesia masih kalah dengan negara berkembang lainnya.

Namun, infrastruktur yang dicanangkannya kerap disalahartikan dalam skala pembangunan yang besar. Padahal, infrastruktur kecil, seperti jalan di pedesaan, jembatan, embung, dan irigasi juga dibangun untuk menyambungkan infrastruktur besar ke kawasan produksi. “Percuma petani di pegunungan bisa menanam jagung, nanam sayur mayur tapi enggak bisa membawanya keluar dari wilayah itu, untuk apa,” katanya.

Pekerjaan besar lainnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu hal yang bisa dilakukan para relawan Bara JP adalah mensosialisasikan agar lingkungan ikut merawat ibu-ibu hamil. Hal itu sangat penting karena kepandaian dan kecerdasan manusia dimulai sejak bayi dipelihara dalam kandungan.

“Begitu lahir juga sama. Begitu lahir sampai umur 7-8 tahun itu juga umur emas yang harus diperhatikan. Jadi bapak ibu dan saudara sekalian yang hadir di sini memiliki anak 1-7 tahun itu kunci,” kata Jokowi.


Tersangjung

Jokowi mengapresiasi dukungan dan kerja keras seluruh relawan Bara JP yang turut memenangkan dirinya dan Ma’ruf Amin dalam Pilpres lalu. Dia juga mengakui seluruh relawan Bara JP masih tetap semangat mendukungnya meski Pilpres telah usai.

Jokowi juga mengaku tersanjung dengan semangat yang ada di seluruh relawan Bara JP. Sehingga, dia juga berharap agar semangat itu tidak akan pernah berubah.”Saya merasakan meskipun pemilihan presiden telah selesai tapi saya lihat semangat dari Bara JP tidak padam. Masih semangat dan inilah yang dibutuhkan negara Indonesia,” katanya.

Jokowi tersanjung dengan semangat yang ada di seluruh relawan Bara JP. Sehingga, dia juga berharap agar semangat itu tidak akan pernah berubah.

“Barisan Relawan Jokowi Presiden, kita tahu Bara JP yang sejak awal saya kenal sampai saat ini tidak berubah. Sehingga saya ingin agar semangat ini akan selalu kita pelihara,” katanya.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras, pagi siang malam dari seluruh jajaran pengurus, relawan Bara JP dari seluruh tanah air. Sehingga pemilu kemarin berjalan lancar, baik dan demokratis. Sehingga Pilpres hasilnya dimenangkan oleh Jokowi – Prof Ma’ruf Amin,” tutur Jokowi yang juga menjabat Dewan Pembina di Bara JP.

Sebelum menutup kongres, Jokowi mengucapkan selamat kepada Viktor S. Sirait yang tepilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Bara JP yang baru menggantikan Sihol Manullang.

“Kongres sudah selesai, ketua terpilih sudah ada yaitu Victor S. Sirait. Saya ucapkan selamat bekerja. Bara JP ini harus bermanfaat bagi rakyat dan bangsa. Kongres 2019 bara JP sore ini saya nyatakan ditutup,” pungkasnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook