BIAS, Lindungi Anak Kota Tangerang

TANGERANG, INDONEWS,– Untuk meningkatkan kesehatan anak, Puskesmas Cipondoh, Tangerang, menggelar program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Dengan program ini, petugas kesehatan dikirim ke sekolah-sekolah untuk memberikan imunisasi campak bagi para siswa SD kelas I.

Dr Rizky Adiarti, menjelaskan, BIAS dilakukan secara bergilir dari sekolah ke sekolah. Sejumlah petugas Puskesmas diturunkan, untuk melakukan imunisasi langsung di lingkungan sekolah.

“Sebelumnya, kami sudah memberikan sosialisasi pentingnya imunisasi kepada para orangtua siswa. Saat ini tinggal eksekusinya mulai 5 Agustus kemarin hingga seminggu ke depan di sejumlah sekolah di wilayah Cipondoh,” ungkap Dr Rizky, Kamis (8/8/19).

Menurutnya, imunisasi sangat penting bagi anak SD karena anak-anak usia sekolah masih senang bermain kotor. Tidak jarang mereka terluka, baik terkena duri, paku, kaca dan sejenisnya.

Dengan pemberian vaksin, diharapkan bisa terhindar dari virus. Bahkan untuk anak putri imunisasi tersebut bisa bermanfaat di kemudian hari untuk membantu kelancaran proses melahirkan.

“Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup melindungi anak terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi sampai usia anak sekolah. Hal ini karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar, terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. Maka, imunisasi lanjutan seperti ini penting dan dibutuhkan anak,” jelasnya. (Ricky Munir)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook