Anggaran Belum Ada, Jembatan Situ Duit Disentuh Pemeliharaan


BOGOR, INDONEWS
,– Jembatan Situ Duit, Warung Jambu, Bogor Utara kondisinya mulai mengkhawatirkan. Di bagian bawah, jembatan terlihat sudah keropos dan berongga. Perbaikan pun harus segera dilakukan.

Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan DPUPR Kota Bogor, Wawan Gunawan membenarkan kondisi yang terjadi pada pondasi jembatan tersebut. Namun, kata Wawan, lantaran anggaran untuk perbaikan belum ada, maka antisipasinya ialah dengan dilakukan pemeliharaan.

“Untuk sementara langkah awalnya kita masuk pemeliharaan dulu. Kedepannya kita kaji keseluruhan, apakah perlu dinaikan atau perubahan konstruksi,” terangnya saat meninjau jembatan, Jumat 9 Agustus 2019.

Ditambahkan, pemeliharaan akan dilakukan secepatnya. Menurutnya, kemungkinan akan dilakukan penguatan pada struktur seperti menggunakan bronjong atau yang lainnya.

“Nanti kita awal penguatan struktur dulu, sebab untuk perbaikan secara menyeluruh di jembatan yang menjadi jalan utama masyarakat itu membutuhkan waktu tunggu yang cukup lama. Sebab, di tahun 2020 pembangunan jembatan yang pertama akan dilakukan adalah Jembatan Otista,” ungkapnya.

Menurutnya, kemungkinan di tahun 2020 untuk jembatan Situ Duit akan dibuatkan dahulu Detail Engineering Design (DED). Sehingga di tahun berikutnya bisa dilakukan pembangunan. Termasuk pada Jembatan Sempur yang ada di Jalan Jalak Harupat.

“Kalau seandainya 2020 dibangun Sempur dan Situ Duit, maka akan terjadi macet keseluruhan, karena itu mungkin di tahun 2021 atau 2022 baru bisa dilaksanakan kegiatan itu,” pungkasnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook