Dana Desa Hubungkan Dua Kampung di Desa Babakan Caringin

CIANJUR, INDONEWS,– Dua kampung di Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat harus ‘terputus’ lantaran infrastruktur jalan. Namun kini, dua kampung tersebut sudah terhubung berkat pembangunan infrastruktur yang bersumber dari dana desa.

“Dana desa tahap 2 kami alokasikan pada pembangunan infrastruktur rabat beton jalan lingkungan Desa Babakan Caringin. Dulu dua kampong tidak terhubung, kini sudah terhubung,” tegas Kepala Desa Babakan Caringin, Deni Setia Budi, Jumat 9 Agustus 2019.

Deni menyebutkan, dua kampong yang telah terhubung tersebut yaitu kampung Curugkada RT 06 RW 01 dan Kampung Peusar RT 07 RW 02.

“Pembangunan jalan penghubung ini dengan panjang 199 x 1,2 x 1.2 meter. Anggarannya sebesar Rp190 juta. Warga sangat gembira dengan pembangunan jalan lingkungan itu, sebab, sekarang dua kampung menjadi tersambung,” ucap Deni.

Dia melanjutkan, tadinya jalan penghubung dua kampung itu tidak bisa dilalui roda dua, sekarang bisa. “Dengan terbukanya akses jalan dengan kendaraan ini, roda perekonomian warga akan semakin terbantu. Saya harap, warga bisa merawat jalan tersebut,” ucapnya.

Pemberdayaan

Selain pembangunan jalan, dana desa juga dialokasikan pada pemberdayaan, diantaranya bantuan pengadaan alat pertanian sampai ke poktan, bantuan pengadaan alat pendidikan, alat peraga edukatif untuk sejumlah PAUD dan lain sebagainya.

“Sementara pembangunan, dilaksanakan oleh TPK dan masyarakat. Semua ini bisa terlaksana dengan baik atas musyawarah pihak desa dengan BPD, LPM, babinsa, bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, RT RW dan perangkat desa,” pungkasnya. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook