Selain Ramah Lingkungan, Sembelih Hewan Qurban dengan ASUH

BOGOR, INDONEWS,– Di Kota Bogor Jawa Barat, penyembelihan hewan qurban direkomendasikan harus ramah lingkungan serta disembelih secara ASUH alias Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Penyuluhan Distani Kota Bogor Dian Herdiawan, Minggu (11/8/2019), saat tim Pelayanan Pemeriksaaan Kesehatan Hewan dan Daging Qurban Tahun 2019 / 1440 H pada Dinas Pertanian Kota Bogor melakukan monitoring di Kota Bogor.

“Sebelumnya, pada momen ini kami mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin serta selamat Hari Raya Idul Adha,” katanya.

Lalu, Dian menerangkan bahwa pihaknya meminta panitia qurban di Kota Bogor melakukan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan yang direkomendasikan.

“Sembelihlah hewan qurban dengan ASUH dan bungkuslah daging qurban dengan ramah lingkungan, dimana daging qurban dibungkus tidak dengan kantong plastik atay kresek sekali pakai dan bisa menggunakan daun, besek atau bongsang ataupun tempat plastik dan lainnya yang bisa digunakan berulang-ulang,” jelasnya.

Khusus besek dan bongsang, imbuh Dian, disarankan digunakan sekali pakai, mengingat daging basah dan darahnya menempel serta susah untuk dibersihkan. Sedangkan tempat plastik atau sejenisnya yang bisa digunakan berulang bisa dipastikan dapat dicuci dengan bersih.

“Hal ini kami lakukan sebagai upaya mewujudkan Kota Bogor ramah keluarga didukung agribisnis perkotaan yang ramah lingkungan dan berdayasaing. Semangat! Bogor berlari dan Distani Ngacir,” pungkasnya.


Di tempat terpisah, salah satu tim Pelayanan Pemeriksaaan Kesehatan Hewan dan Daging Qurban Drh. Anizar menyebutkan, untuk Kecamatan Bogor Utara tim dibagi 6 kecamatan.

“Kami bertugas di 6 kecamatan. Muter di Kecamatan Bogor Utara. Kami tinjau bagaimana para panitia mengelola hewan kurban. Tadi ada juga warga yang meminta, untuk pelaksanaan pemotongan hewan qurban adanya tenaga dokter hewan di tempatnya, yaitu di Villa Bogor Indah 2, atau di Masjid Mahabbaturrasul,” terangnya saat dihubungi Indonews.

BACA JUGA: Presiden Qurban Sapi Peranakan Ongole Seberat 1 Ton Lebih

Sedangkan berdasarkan keterangan resmi yang diterima Indonews dari Distani Kota Bogor, tahun ini pihaknya mencatat ada 15 ekor sapid an 30 ekor kambing/domba yang berhasil didata dan diperiksa. Berikut rinciannya:
Masjid At-taqwa, RT 3/11 Kelurahan Bantarjati, domba: 21 ekor, kambing: 1, Sapi: 4.
Mushola Adzikri, domba: 9.
Masjid Baiturrahman Destarata XII, sapi 9 dan kambing 20.
SMA YPHB Bantarjati, sapi 3, domba 26
RS Azra Bantarjati, sapi 4, domba 4 dan hasil pemeriksaan terdapat cacing hati positif.
Masjid ldii Bantarjati di Ciremai Ujung, sapi 9, domba 1
PLPJ RT 4/12 Ceureme Ujung Bantarjati, sapi 1, domba 7
Masjid Jami Al-Bahari Ciremai Ujung Kel. Bantarjati, sapi 4, domba 10.
Rumah H. Neneng domba 4,
SDIT At-Kautsar, Ciremai Ujung Bantarjati, sapi 4, domba 3
Al-Mustopa Ciremai Ujung Bantarjati, domba : 7
Masjid At-Taqwa Kel. Kedung Halang, sapi 1, domba 28, kambing 2
Masjid Mahabbaturrasul, Villa Bogor Indah Kel. Ciparigi, sapi 15, domba 27, kambing 3
Masjid Mush’ab bin Umar Kel. Ciparigi, sapi 10, domba 32, kambing 6. (Wawan Kurniawan)

Berita Terkait: Hikmah Qurban, Masjid Jami Nurul Huda Bagikan 680 Kantong Daging

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook