Ayi Ismail: Cibinong Hilir Semakin Maju Berkat Dana Desa

CIANJUR, INDONEWS,– Kepala Desa Cibinong Hilir Ayi Ismail mengatakan, Desa Cibinong Hilir, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur semakin maju sejak pemerintahan Joko Widodo.

“Sejak era pemerintahan Pak Jokowi, desa kami semakin maju. Pada era Pak Jokowi pula, dana desa digelontorkan ke desa-desa,” ujar Ayi saat meninjau pembangunan infrastruktur yang didanai dana desa tahap dua tahun 2019, Senin (12/8/2019)

Menurut Ayi, selain pembangunan sarana infrastruktur, dana desa juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan pembangunan sarana lainnya, seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sarana olahraga, dan sebagainya.

“Perhatian besar dari pemerintah terhadap desa harus diberikan untuk mengurangi kesenjangan sosial. Kesenjangan jika tidak dikurangi maka akan menimbulkan gejolak sosial,” tuturnya.

Disinggung pengalokasian dana desa tahap 2, Ayi menjelaskan anggaran tersebut digunakan untuk rabat beton jalan lingkungan dan saluran air TPT.

“Semuanya ada 7 titik pembangunan. Di antaranya 3 titik rabat beton jalan lingkungan dan 4 saluran air TPT. Untuk infrsatuktur rabat beton jalan lingkungan yaitu di Kampung Cibinong RT 04 RW 03 seppanjang 314 meter, lebar 120 meter dan tinggi 10 senti meter. Kemudian di Kp. Cikole RT 01 RW 04 sepanjang 67 meter, lebar 120 meter dan tinggi 10 senti meter, dan di Kp. Cipangasih RT 01 RW 07 sepanjang 355 meter, lebar 120 meter, tinggi 10 sentimeter,” jelasnya.

Seangkan pembangunan saluran air TPT, yakni di Kp. Tugu RT 02 RW 02 sepanjang 210 meter tinggi 1 meter, di Kp. Cibinong RT 03 RW 03 sepanjang 78 meter, tinggi 2 meter, di Kp Cikadu RT 01 RW 06 sepanjang 150 meter tinggi 1 meter dan di Kp. Pasir Bayur RT 03 RW 05 sepanjang 86 meter tinggi 2 meter.

“Untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut dikerjakan oleh TPK Desa Cibinong Hilir, LPM dan masyarakat. Hal ini juga berdasarkan hasil musyawarah pihak desa, BPD, babinsa, bhabinkamtibmas, LPM, tokoh masyarakat dan RT/RW,” tandas Ayi. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook