Kadisdik Cianjur: BOS Harus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

CIANJUR, INDONEWS,– Kepala sekolah (kepsek) dan bendahara se Kecamatan Cianjur dan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur mengikuti pembinaan penganggaran penatausahaan dan pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kepala Disdikbud Kabupaten Cianjur, H. Oting Jaenal Mutakin mengatakan, pembinaan ini sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2019 tentang perubahan teknis pengelolaan dana BOS.

“Jika sebelumnya para sekolah itu melaporkan administrasi se tahun sekali, sekarang tidak, laporannya pada triwulan kesatu, cair tahap triwulan kedua, harus menyelesaikan dulu laporan sebelumnya. Dan setersunya begitu,” katanya.

Dengan demikian, katanya, para kepsek dan bendahara tak lagi direpotkan. Menurutnya, sistem berjenjang ini dalam upaya memberikan penguatan terhadap kepala sekolah, bagaimana penatakelolaan dana BOS yang sesuai dengan juklak juknis.

“BOS ini harus benar-benar direalisasikan sesuai dengan petunjuk, sehingga pendidikan diharapkan tidak lagi terkendala kekurangan biaya,” paparnya.

Pihak sekolah diharapkan mampun memanajemen dan mengelola kebutuhan sekolah sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan masing-masing.

“Harapannya, penggunaan BOS yang begitu besar dari pemerintah ini dapat memberikan kemajuan dan perkembangan pendidikan di Kabupaten Cianjur,” tandasnya.

Pembinan tersebut diikuti kepala sekolah dan bendahara sebanyak 280 orang dan dihadiri sekdis, Kabid SD dan sarana, kabid kesiswaan, kordik, K3S, kepala sekolah, bendahara dan panitia. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook