BBPK Ciloto Bekali Tim Nusantara Sehat

CIANJUR, INDONEWS,– Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto bertandang ke Puskesmas Sukasari, Kabupaten Cianjur untuk praktik kerja lapangan (PKL) dalam rangka pembekalan tim Nusantara Sehat, mulai Senin 19 sampai 21 Agustus 2019 di Aula Puskesmas Sukasari.
Kepala Puskesmas Sukasari, Yudiansyah Sutawijaya S. Am mengatakan, PKL merupakan bagian dari rangkaian proses pembelajaran karena pada tahap ini dianggap sebagai suatu bentuk pengkayaan dari materi yang telah diajarkan.

“Tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi perserta dalam mempelajari serta menerapkan kegiatan puskesmas secara nyata di lapangan,” katanya.

Setelah mengikuti mengikuti PKL ini, perserta diharapkan mampu memahami pelaksanaan manajemen puskesmas, melakukan penyusunan dokumentasi akreditasi puskesmas, melakukan manajemen pendekatan keluarga sehat dari pendataan intervensi awal hingga analisis data, melakukan pemberdayaan masyarakat di luar gedung puskesmas dengan melakukan survei mawas diri, melakukan penyuluhan kesehatan di dalam gedung puskesmas berdasarkan data hasil analisis keluarga sehat.

“Selain itu, setelah mengikuti PKL, peserta harus melakukan pemberdayaan masyarakat di luar gedung puskesmas dengan melakukan musyawarah masyarakat desa/kelurahan, melakukan lokakarya mini bulanan dan melakukan pemicuan 5 pilar STBM kesehatan lingkungan,” tambahnya.

PKL ini diikuti 31 peserta, 3 pendamping serta 5 narasumber. Acara dibuka Diskes Kabid SDK dr. Sani Sanjaya dan dihadiri oleh Diskes Kab Cianjur, Kepala Puskesmas Sukasari, Kemenkes, BBPK Ciloto dan staf puskesmas. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook