Luhut: Tak Ada Referendum di Papua

Jakarta,INDONEWS — Demo ricuh di Mimika, Papua, diduga ditunggangi isu Papua merdeka lewat referendum. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berpendapat tidak perlu ada referendum di Papua.

“Nggak ada, kalau referendum nggak ada itu main-main gituan,” kata Luhut di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jl Gatot Subroto, Jakarta, beberapa hari lalu.

Sebelumnya diberitakan, polisi menduga aksi demo yang berujung ricuh di DPRD Mimika pada Rabu (21/8) lalu ditunggangi provokator. Menurutnya, aksi demo itu disusupi isu Papua merdeka dan referendum.

“Memang benar aksi demo awalnya damai, namun saat orasi di DPR Mimika mereka mengalihkan isu dari penolakan rasis menjadi referendum atau Papua merdeka,” kata Kapolres Mimika Agung Marlianto di Mapolres Mimika, Rabu (21/8).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga menyebut ada kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi panas di Papua. Kelompok yang disebut Moeldoko itu berkepentingan secara politik serta bersenjata.

Moeldoko menyebut kelompok-kelompok itu menyusupkan isu Papua merdeka dalam situasi tersebut. Dia juga mengatakan kelompok itu tidak sepaham bila Papua menjadi daerah yang maju.

“Ya pasti itu ada yang bermain di situ, kelompok-kelompok perjuangan, baik kelompok perjuangan politik maupun bersenjata, masuk di situ,” kata Moeldoko di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat.(***)
Sumber:Detiknews

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook