Penyaluran RTLH Terkendala Pengajuan RAB

BOGOR, INDONEWS,– Tahun ini 11 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan diperbaiki.

Kepala Desa Banjarwaru Heni Nurani S. Sos diampingi staf Kasi Kesra Pembangunan Desa Banjarwaru Darwis mengatakan, masing-masing rumah akan menerima dana sebesar Rp10 juta dari pemerintah.

“Bantuan berupa uang diserahkan ke matrial, dan yang mendapatkan bantuan RTLH bisa mengambil barang matrialnya sesuai dengan RAB yakni sebesar Rp10 juta,” terang Heni.

Dijelaskan, sejauh ini kendala dalam penyalurah daba RTLH ialah pengajuan RAB yang melebihi angka nominal Rp10 juta yang didapat dari bantuan, sehingga tambahannya dari swadaya masyarakat.

“Untuk pajak diambil sebesar 11,5 persen dari total pajak belanja material, dan pajak upah kerja sebesar 5 persen. Mekanisme dihitung dari total belanja material dan hari kerja (pengerjaan),” jelasnya.

Dijelaskan, masyarakat sangat mengapresiasi adanya program RTLH ini.

“Untuk tahun 2019, program ini sudah selesai seluruhnya. Saya berharap aparat desa sebagai pelaksana melaksankan tugasnya sebaik mungkin dengan penuh rasa tanggung jawab. Dan, kita sendri terbuka apabila ada pihak kontrol sosial meninjau ke lokasi atau 11 unit rumah yang telah mendapatkan bantuan Rutilahu,” katanya.

Heni menandaskan, sejauh ini penyaluran bantuan RTLH di Desa Banjarwaru dilakukan secara transfaran.

“Saya mewanti-wanti kepada semua pihak yang terlibat, khusunya pelaksana agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan. Jadi Alhamdulillah semua berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook