Memprihatinkan, Puluhan Tahun Tumpukan Sampah Kali Baru Dibiarkan

di Kali Baru atau Cipakancilan yang merupakan anak sungai Cisadane, di kawasan Desa Cilebut Barat

BOGOR, INDONEWS,– Kondisi Kali Baru atau Cipakancilan yang merupakan anak sungai Cisadane, di kawasan Desa Cilebut Barat, Kabupaten Bogor, sangat memprihatinkan dengan tumpukan sampah. Ironisnya, aliran sungai tercemar itu masih digunakan oleh warga.
Kali yang menghubungkan Kota dan Kabupaten Bogor tersebut dipenuhi dengan sampah-sampah yang hampir menutupi sebagian kali.

Tak hanya itu, mulai dari sampah plastik, rumah tangga dan sampah usaha serta kasur menutupi aliran sungai dan tersangkut di tepian sungai. Bahkan kali tersebut sering kali digunakan aktifitas warga untuk mandi, cuci baju hingga cuci peralatan dapur.

Berdasarkan keterangan warga, Anggota Anggota Satgas Naturalisasi Ciliwung, Bujang Slamet mengatakan, kondisi Kali Baru atau Cipakancilan sudah berlangsung puluhan tahun.

“Di sini, kebetulan warga saya. Ada warga semenjak dia lahir kondisi sampah di sini sudah berlangsung puluhan tahun. Kini usianya sekitar kurang lebih 41 tahunan,” ujarny, Selasa (03/09/2019).

Sementara itu, anggota Satgas Naturalisasi Ciliwung lainnya, Ady Saiman mengungkapkan, penemuan sampah yang menumpuk di Kali Baru berawal dari timnya saat melakukan patroli dengan menyusuri sungai Cipakancilan.

“Jadi awalnya kita hanya survei dan pemetaan untuk nantinya mengajak pak wali ikut menyusuri sungai,” katanya.

Dikatakan, survei sendiri dilakukan dari mulai Kampung Cibuluh Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor sampai Desa Cilebut Barat, Sukaraja, Kabupaten Bogor.
Akan tetapi, lanjut Ady, tiba-tiba pihaknya bersama tim lainnya diarahkan ke lokasi yang sudah masuk ke wilayah kabupaten dan dihadang dan dihadapkan oleh persoalan ini.

“Nah sampai akhirnya Pak Parno posting, saya pun memposting dan viral kemudian tag ke Najwa Shihab,” pungkasnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook