SDN Ciapus 01 Mendukung SIPLah

BOGOR, INDONEWS,– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia meluncurkan Katalog Sektoral Pendidikan dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah), untuk mendukung pengadaan barang dan jasa (PBJ) di sekolah dalam menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler.

Hal itu menjadi salah satu wujud komitmen dalam mewujudkan tata kelola keuangan pendidikan yang transparan dan akuntabel, juga sesuai dengan amanat dan kebijakan pemerintah untuk penguatan tata kelola keuangan pendidikan melalui Perpres PBJ Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018.
Keberadaan SIPLah didukung penuh SDN Ciapus 1, Sukamakmur, Ciomas, Kabupaten Bogor. Menurut Sukmida, Kepala SDN Ciapus 1, SIPLah dirancang untuk digunakan dalam PBJ sekolah yang dilakukan secara daring.

“SIPLah diyakini dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas serta pengawasan PBJ sekolah yang dananya bersumber dari dana BOS Reguler di Kemendikbud,” ungkapnya, belum lama ini.
Dikatakan, SIPLah juga telah disolisasikan di tahap pertama dengan melibatkan kepala sekola dan operator serta bagaimana pengguanannya.

“Dari hasil sosialisasi SIPLah, dana diperbolehkan untuk belanja alat tulis kantor (ATK) gaji guru honor dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Disinggung soal penggunaan BOS, Sukmida menuturkan bahwa BOS di SDN Ciapus 1 dipergunakan sebagaimana mestinya secara terbuka.

“Maka dengan adanya SIPLah yang salah satunya untuk mengawal dana BOS, kami tidak khawatir, justru mendukung penuh agar pendidikan di negeri ini semakin baik,” tandasnya. (Rahmat)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook