Memprihatinkan, Tawuran Antar Pelajar Masih Terjadi

FOTO: Sejumlah pelajar yang terlibat tawuran saat diamankan pihak kepolisian.

BOGOR, INDONEWS,– Tawuran yang melibatkan pelajar masih terjadi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sore tadi Jumat (20/9/2019), sejumlah pelajar bukannya fokus menimba ilmu, mereka malah asyik adu jotos dengan kelompok pelajar lainnya.

Tawuran terjadi di kawasan Pakansari, Bogor, yang cukup lumayan jauh dari lokasi sekolah mereka. Akibatnya, mereka ditangkap dan diamankan petugas Kepolisian Resor Bogor. Polisi juga mengamankan barang bukti senjata tajam, seperti cerulit yang digunakan pelajar.


Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, sejumlah remaja mengalami luka ringan diduga akibat terkena benda tajam maupun benda tumpul seperti batu.

Ketua Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kabupaten Bogor, Jonny Sirait mengaku perihatin atas insiden tersebut. Ia pun berharap pihak sekolah dan orangtua lebih berperan guna mengantisipasi terjadinya tawuran yang melibatkan anak-anak penerus bangsa.

“Untuk mengantisipasi peristiwa tawuran, diperlukan pendekatan khusus yang lebih edukatif, bukan pendekatan ekspresif atau pendekatan secara legal formal. Sekolah juga harus selalu memantau para siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah hingga mereka sampai ke tangan orang tua,” terang Jonny.

Menurut dia, tawuran sudah seperti budaya anak bangsa Indonesia. Masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi mendengan berita tawuran antar pelajar, sehingga hal tersebut harus egera dihentikan.

“Ada beberapa cara mengatasi tawuran antar pelajar, di antaranya menjaga dan menjalin komunikasi antara anak dan orang tua dengan baik, orang tua harus selalu memantau putranya terutama pada waktu pulang sekolah, memberikan pendidikan disiplin sedari dini, bagi orang tua sibuk saya menyarankan agar putranya di sekolahkan dengan reportasi baik, diajarkan berprilaku yang sopan dan bertanggung jawab dan pihak sekolah harus benar-benar tegas, dan memberikan sanksi seberat-beratnya bagi siswa yang terlibat tawuran,” pungkasnya. (Bon)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook