Petani Cianjur Siap Hadapi Era Industri 4.0

CIANJUR, INDONEWS,– Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Karang Tengah, Kabupaten Cianjur, Selasa 24 September 2019 menggelar lomba Asah Terampil yang diikuti 100 orang dari 16 desa se Kecamatan Karang Tengah.

Lomba yang dibuka oleh Sekcam Karang Tengah itu mengusung tema: “Melalui Pelaksanaan Lomba Asah Terampil, Petani di Kecamatan Karang Tengah Siap Menghadapi Era Industri 4.0”

Ketua Pelaksana Lomba, Sidik mengatakan, lomba Asah Terampil ini baru pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Karang Tengah. Adapun maksud dan tujuan lomba yakni untuk mengasah kemampuan dan keterampilan peserta yang telah dibekali dalam penyuluhan di masing-masing tempatnya.

“Petani diuji, sejauh mana pengembangan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengikuti lomba asah terampil. Peserta harus bisa mempraktekan dan merancang pesisi nabati dan pesisi penih,” tambahnya.

Dikatakan, peserta juga sudah mempelajari penyuluhan, dan memahami ada 3 yang diujikan, yaitu berkaitan kebijakan, POPT dan teknis.

“Secara umum, lomba ini sebagai ajang sono dan silaturahmi antar sesama petani di Kecamatan Karang Tengah,” paparnya.

Pada lomba itu, juara satu dimenangkan Desa Babakan Caringin, juara dua Desa Ciherang dan juara tiga Desa Langensari.

“Untuk juara bergilir didapatkan Desa Babakan Caringin. Lomba ini akan jadi agenda tahunan. Acara dihadiri seluruh lintas sektor dan OPD kecamatan, mulai dari camat, polsek, koramil, puskesmas, kordik pendidikan, KUA, dinas pertanian, kepala desa, dan panitia,” pungkasnya. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook