Maluku Satu Rasa Salam-Sarane Semakin Kokoh Menjaga NKRI

BOGOR, INDONEWS,– Maluku Satu Rasa (M1R) Salam-Sarane Bogor, Jawa Barat melaksanakan Deklarasi Nasional di Gedung Laga Tangkas, Pakansari Bogor, Sabtu (28/9/2019).

Bagian Kode Etik Hukum dan HAM Dewan Pimpinan Pusat (DPP) M1R, Andy Wally Lewenussa, SH., mengungkapkan, Deklarasi Nasional Maluku Satu Rasa Salam-Sarane dengan semboyan iris di kuku rasa di daging ini menyimbolkan bahwa orang Maluku, khususnya rakyat Indonesia harus bersatu padu mempertahankan tanah air dengan damai.

“VisiM1R ini yaitu mewujudkan pemuda Maluku menjadi satu rasa, tangguh, mandiri, terampil berakhlak dan berkualitas untuk menjaga keutuhan NKRI serta menjaga, mempererat tali persaudaran antar pemuda Salam Sarane berdasarkan Pela Gandong,” katanya usai menghadiri Deklarasi Damai M1R di Bogor.

Sedangkan misi, tuturnya, yakni mengembangkan akhlak budi pekerti yang luhur, mempererat tali persaudaran antar pemuda Salam Sarane dengan mengadakan pertemuan rutin, mengadakan kegiatan pemuda dalam masyarakat dan turut serta membatu dalam pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan kepemudaan dalam masyarakat, melestarikan nilai-nilai seni dan budaya masyarkat, terut membantu dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan hidup, meningkatkan prestasi baik dalam seni olahraga maupun lainnya.

“Organisasi kemasyrakatan M1R merupakan organisasi yang dibentuk untuk mempererat tali persaudaran pemuda Maluku dengan menjalin ikatan secara kekeluargaan, antar pemuda Salam dan Sarane di seluruh wilayah Indonesia,” tuturnya.

Maluku Satu Rasa Salam-Sarane adalah istilah yang tidak lazim lagi bagi orang Maluku. Istilah ini memiliki makna, yakni sebagai identitas budaya yang menjelaskan sistem kepercayaan tradisional di Maluku. Selain sebagai identitas budaya yang menjelaskan integritas sebagai orang Maluku.

“Salam-Sarane adalah kesatuan jiwa orang Maluku yang menggambarkan Ikatan Pesarudaran Muslim/Kristen. Hal mana nampak dalam sapaan “Basudara Salam” atau “Basudara Sarane”, sebagai wujud ikatan batin dan ikatan sosial yang begitu kuat,” jelas Andy Wally.

Andy Wally (kanan)

Dikatakan, Maluku Satu Rasa Salam-Sarane adalah wujud dari ekspresi pemuda-pemudi Maluku yang berada di Indonesia demi menjaga perdamaian, keharmonisan serta saling menghargai dan menghormati, satu dengan yang lain.
“Organisasi M1R adalah pemuda-pemudi Maluku yang mencintai persatuan dan kesatuan NKRI,” tandasnya.

Organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane saat ini semakin berkembang luas. Hal itu terbukti dengan bersatunya pemuda Maluku seluruh wilayah NKRI demi Menjalankan ikatan tali persaudaran kerukunan umat beragama.

Organiasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan dan juga turut serta berperan aktif dalam upaya melanjutkan cita-cita perjuangan dalam rangka mengisi kemerdekaan demi menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Kemudian, demi mencapai tujuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

M1R sendiri sudah terbentuk dan berkembang di beberapa wilayah, di antaranya Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Depok, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Bogor, Bekasi, Jayapura, Timika dan beberapa wilayah lainnya. (Andi)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook