Duh, Pembebasan Lahan Jalan Lingkar Dramaga Sarat Gratifikasi?

Andre selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan

BOGOR, INDONEWS,– Puluhan masyarakat Dramaga, Kabupaten Bogor dibuat geram setelah 9 tahun menanti kejelasan dari surat tanah mereka setelah adanya pengurangan dari tanah yang dibebaskan.

Tak ayal, pembebasan lahan untuk jalan Lingkar Dramaga itu pun diduga sarat kolusi, korupsi dan gratifikasi. Alhasil, proses ini menyisakan banyak masalah, hingga mempertanyakan kejelasan sertifikat atau akta jual beli (AJB) sisa lahan.

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Andre selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, ia justru memberikan jawaban berbelit dan berdalih lupa.

Berdasarkan informasi yang diterima Indonews, biaya untuk pemecahan hal tersebut sekitar Rp1 juta per sebidang tantanah. Ketika Andre didesak, dia menyampaikan bahwa anggaran tersebut tidak terserap.

“Biaya untuk pemecahannya dilematis. Biaya pemecahan ini gak mungkin diandalkan. Jadi ngabang semua ini,” katanya saat ditemui Senin (30/9/2019).

Dikatakan, bahwa pihaknya telah menyampaikan persoalan dan kesulitan pihak PUPR kepada masyarakat terkait permasalahan pembebasan tanah ini. “Saat ini pun pejabat yang terlibat dalam persoalan ini sudah pada pindah,” imbuhnya.

Dinas PUPR Kabupaten Bogor pun terkesan cuci tangan dengan persoalan ini. Sebab, Andre pun tidak bisa memberikan jawaban tentang bagaimana frustasinya masyarakat yang telah menunggu selama 9 tahun dan tanpa ada alasan jelas.

Sementara itu, Anggota LSM GMPK Kabupaten Bogor, Iyan Mufti meminta PUPR, khususnya Andre bertanggungjawab atas penderitaan masyarakat.

“Ini sangat ironis, 9 tahun masyarakat menunggu kepastian atas tanahnya. Kami khawatir tanah masyarakat menjadi liar,” katanya.

Iyan mengindikasikan, persoalan ini terjadi lantaran ditenggarai korupsi yang dilakukan oknum-oknum pejabat yang terlibat.

“Saya harap, pihak terkait, khususnya Kadis PUPR juga turun tangan mempertanggungjawabkan persoalan masyarakat. Kasihan lah masyarakat,” ujarnya. (Bon/Red)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook