dr Netty: Panca Karsa untuk Bogor Berkeadaban

Kepala Puskesmas Sirnagalih dr Netty (tengah)

BOGOR, INDONEWS,– Puskesmas Sirnagalih, Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan bulan Bakti Panca Karsa sebagai upaya mewujudkan Bogor sehat, termaju, nyaman dan berkeadaban. Acara dilangsungkan di Aula Kecamatan Tamansari, Kamis (3/10/2019).

“Panca (lima) Karsa ialah, membangun, cerdas, maju, sehat, dan beradab. Kegiatan ini ada kaitannya dengan loka karya mini,” terang Kepala Puskesmas Sirnagalih, dr Netty, di Bogor, Kamis.

Netty mengatakan, peserta pada acara ini ialah lintas sektoral, masing-masing desa, termasuk PKK desa, BPD dan muspika.

Namun sayang, kegiatan positif tersebut kurang mendapat respon dari para tamu undangan yang merupakan perangkat desa. Terlambat dan banyak yang tidak menghadiri acara tersebut mengakibatkan acara sempat molor.

Selain itu, keterlambatan dan ketidakhadiran para tamu undangan seolah menggambarkan kurang disiplinnya aparatur desa. Padahal, program ini merupakan produk Bupati Bogor, Ade Yasin untuk mempercepat pembangunan yang sejatinya didukung penuh oleh penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Bogor.

Meski demikian, Netty memaklumi keterlambatan dan ketidakhadiran tamu undangan pada acara kegiatan bulan Bakti Panca Karsa.

“Yang diundang sekitar 50 orang, dari perangkat desa. Ya seperti kepala desa, PKK, BPD dan lainnya. Memang kita berharap tamu undangan hadir tepat waktu, namun mungkin ada kendala karena di kita ini, lima desa sedang persiapan pilkades. Yang penjabat (Plt) kepala desa juga ‘kan dari kecamatan, merangkap-merangkap sehingga bentrok jadi ada keterlambatan,” pungkasnya.

Percepat Pembangunan

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Bogor, telah resmi menggelar Bulan Bakti Pancakarsa. Hal ini disampaikan Bupati Bogor Hj. Ade Yasin ketika bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 di lapangan Babakan Kadu, Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Rabu (2/10/19) kemarin.

Ade Yasin pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 di Lapangan Babakan Kadu, Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Rabu (2/10/19). (dok: Humas Pemkab Bogor)

Ade Yasin menyampaikan, Bulan Bakti Pancakarsa ini sebagai bentuk aksi nyata pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan dan menggaungkan semangat gotong royong.

“Ini upaya pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan, dan menumbuhkan kembali semangat gotong royong masyarakat yang mulai terkikis,” ujarnya, usai memimpin upacara.

Ade menuturkan, Bulan Bakti Pancakarsa ini digelar selama satu bulan penuh berbarengan dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Bulan Bulan Bakti Panca Karsa ini juga sebagai bentuk sinergitas antara Pemda dengan TNI. Kita bersatu padu bersama masyarakat bergotong royong membangun desa, memperbaiki jalan, membangun jembatan, membuat TPS (tempat pembuangan sampah) sementara, bersih-bersih sungai, dan pembenahan rumah ibadah,” pungkasnya. (Ervin)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook