Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Laksanakan Diseminasi

SUKABUMI, INDONEWS,– Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melaksanakan diseminasi. Diseminasi ini dilaksanakan dalam rangka penguatan peran dan fungsi persandian untuk pengamanan informasi bagi perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan yang diikuti oleh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Sukabumi itu dilangsungkan di aula Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/09/2019).

Seperti diketahui, persandian telah menjadi kewenangan daerah berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Sementara itu H. Irwan Fajar sebagai Kepala Bidang Persandian Keamanan Informasi dan Statistik mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya kegian ini untuk meningkatkan kinerja tata kelola persandian di era teknologi yang semakin canggih.

“Selain itu, tujuan acara ini juga untuk meningkatkan kesadaran keamanan komunikasi dan upaya pengamanan informasi yang terdapat pada setiap aplikasi atau sistem informasi yang tersebar di masing-masing perangkat daerah, dan membangun upaya prepentif terhadap penyalahgunaan data atau informasi yang dikelola di setiap perangkat daerah melalui sistem atau aplikasi untuk menjamin keaslian dan keabsahan suatu informasi yang disebar melalui dunia maya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sekdis (Sekertaris Dinas) Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian H. Eki Radiana Rizki mengatakan, peran persandian tidak hanya menyangkut ke rahasiaan saja, tetapi persandian mempunyai peran dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keamanan informasi dan mengelola keamanan informasi.

“Informasi sudah menjadi kewajiban dan tuntutan di setiap instansi pemerintah provinsi/kabupaten/kota, mengingat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin penting dalam peningkatan kualitas layanan terhadap pengamanan informasi yang merupakan salah satu realisasi dari tata kelola pemerintah yang baik (good governance),” tutupnya.
Hadir pada kesempatan tersebut, nara sumber dari badan siber dan sandi negara, narasumber dari dinas komunikasi dan informatika Provinsi Jawa Barat, dan tamu undangan lainnya. (R. Iyan M)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook