PKB Melalui PKP Diharapkan Meningkatkan Kualitas Pendidikan

CIANJUR, INDONEWS,– Sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional Pasal 57 menyatakan, bahwa evaluasi dilakukan dalam dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan kepada pihak pihak yang berkepentingan.

Berkaitan dengan itu, Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi mata pelajaran tematik (TK) dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Sabtu (5-8 Oktober 2019) di aula Kordik Karang Tengah.

Ketua Pelaksana, Robiah S.Pd mengatakan, evaluasi dilakukan terhadap peserta didik lembaga dan program pendidikan pada jalur formal dan non formal untuk semua jenjang satuan dan jenis pendidikan.

“Kegiatan ini diikuti 20 orang guru TK yang terdiri dari Kecamatan Cikalong, Mande, Sukaluyu, Ciranjang, Karang Tengah. Acara di TK PGRI 2 Karang Tengah dan dibuka pengawas H. Ali Mustafa, S.Pd. Sedangkan sebagai nara sumber, Siti Rohmawati S.Pd,” jelasnya.

Dijelaskan, Zona PKP ini bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan, meningkatkan efisiensi dan efektifitas program PKP, dimana kegiatan dilakukan secara terintegrasi dalam satu area wilayah dengan mempertimbangkan jarak akses dan volume guru yang ikut serta.

“Kemudian memudahkan dalam melakukan pemetaan kompetensi kerja serta aktivitas guru, memudahkan dalam melakukan pembinaan terhadap program PKP sesuai dengan hasil pemetaan yang dilakukan dan memudahkan dalam melakukan supervisi dan koordinasi program PKP,” ucapnya.

Ditambahkan, manfaat program PKP adalah membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian, membiasakan peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.

“Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik, memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik dan akademis dan manajerial,” katanya.

“Harapan kami, dengan adanya PKB melalui PKP dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah umumnya dan khususnya di Kabupaten Cianjur dan dihadiri pengawas, guru guru TK, serta panitia,” pungkasnya. (Arif Lufti)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook