Sekolah Ramah Anak di Kota Bogor

BOGOR, INDONEWS,- Guna menunjang kegiatan belajar dan mengajar semakin berkualitas, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Jawa Barat menggelar workshop Sekolah Ramah Anak bagi para guru Bimbingan Konseling (BK) SMP negeri dan swasta se-Kota Bogor, di Gedung Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Jalan Ir. H Djuanda, Rabu (9/10/19).

Workshop dilaksanakan selama 3 hari mulai 8 hingga 10 Oktober 2019 itudibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor H. Fahrudin didampingi Kasi Kurikulum SMP Yosep Berliana, serta mendatangkan pemateri atau narasumber dari Kemen PPPA dan KPAI, diantaranya Prof. Ikeu Tandjiha, Haniva Hasna, M. Krim, Iit Rahmatin SH, MH dan Sumedi.

Fahrudin menuturkan, sekolah ramah anak (SRA) adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab.

“SRA adalah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak tertuma dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawaasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan,” tuturnya.

Lebih lanjut Fahrudin menjelaskan, Sekolah ramah anak juga merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam berada di sekolah, melalui upaya untuk menjadikan sekolah bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri dan yaman.

Ia mengharapkan usai mengikuti workshop ini para guru BK dapat mengimplementasikannya di sekolah masing-masing.

“Saya harap guru BK dapat mengimplementasikan hasil dari workshop ini, dalam mewujudkan sekolah ramah anak sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Kota Bogor,” harapnya. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook