Dilantik, Dewan Hakim MTQ Harus Mengedepankan Unsur Objektif

BOGOR, INDONEWS,– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin secara resmi melantik 130 Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang akan bertugas menilai para peserta lomba MTQ ke 42 tingkat Kabupaten Bogor tahun 2019 di aula Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Lido, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/10/2019).

“Saya minta para dewan hakim yang sudah dilantik dapat bekerja dengan baik agar kegiatan penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Bogor tahun ini berjalan lancar dan sukses dan mengedepankan unsur objektif dalam penilaiannya,” kata Burhanudin.

Hasil kerja para dewan hakim tersebut, tambahnya, harus bisa memperlihatkan kualitas penyelenggaraan lomba MTQ, Mengingat nantinya para peserta MTQ ini akan mewakili Kabupaten Bogor menuju MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat, Nasional atau bahkan International.

“Harus teliti dan penuh integritas dalam melakukan penilaian, sebab hal itu penting,”tegasnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan MTQ merupakan kegiatan rutin keagamaan, dimana selain bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi, juga guna melahirkan generasi qur’ani bagi qori dan qori’ah terbaik putra-putri Kabupaten Bogor.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya baik kepada seluruh jajaran panitia, SKPD, Camat, para alim ulama dan kyai serta lapisan masyarakat yang selalu mendukung Pemerintah Kabupaten Bogor dalam rangka mensukseskan kegiatan MTQ yang telah menjadi program Bupati Bogor, yakni Karsa Keberadaban,” ungkapnya.

Sementara, Kabag Kesra Kabupaten Bogor, Abdul Aziz menerangkan bahwa jumlah Dewan Hakim MTQ yang telah resmi dilantik sekitar 130 orang. Mereka ini hasil seleksi dan merupakan orang – orang yang ahli dibidangnya.

“Dewan hakim ini pilihan dari tokoh-tokoh kyai dan ulama yang ahli dibidangnya. Mereka akan lbertugas lebih objektif dan jujur dalam menentukan qori dan qoriah yang terbaik dari berbagai jenis MTQ yang diperlombakan. Adapun untuk jenis yang dilombakannya ada sekitar 23 jenis, diantaranya Qori untuk putra-putri, dewasa, remaja, anak anak. Kemudian Tahfiz Qur’an sampai 30 juz, Syahril Qur’an, Fahmil Qur’an, karya ilmiah Quran dan lainnya,” ujar Aziz.

Peserta MTQ sendiri, kata Aziz, ada 800 orang, sedangkan untuk kafilah sekitar 4000 orang disampaing yang menyambutnya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada masyarakat yang sudah menyambut baik MTQ tahun ini, khusunya pada pihak Ponpes Darul Ulum Lido yang telah memberikan fasilitasnya sebagai tenpat pusat mimbar utama. Semoga, dengan kegiatan ini kedepan para peserta MTQ akan menjadi generasi yang Qur’ani,” pungkasnya.

Usai melantik, Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin didampingi unsur Muspida dan Muspika Cigombong, langsung melepas jalannya pawai Ta’aruf di jalan Raya Sukabumi – Ciawi tepatnya di pintu masuk Lido Cigombong , Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ribuan warga Bogor khususnya yang ada di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pun tumpah ruah di jalanan utama Lido Bogor. Mereka menyaksikan Pawai Ta’aruf Kafilah MTQ ke 42 Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2019 yang berlangsung meriah. (Ervin)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook