Mandiri, Anggota Paguyuban Baraya Kaladi Bangun Mushola

Pemuda yang tergabung dalam Paguyuban Baraya Kaladi tengah mencetak pondasi bata dinding dengan alat seadanya.

SUKABUMI, INDONEWS,– Demi mewujudkan pembangunan sarana umum berupa Mushola di ujung jembatan perbatasan Desa Tugubandung, Kabandungan dan Desa Walangsari, Walangsari Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi, masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Baraya Kaladi dengan giatnya menggaruk pasir di pesisir kali untuk mencetak pondasi bata dinding dengan alat seadanya.

“Kami menggaruk pasir demi mendirikan mushola. Rasa lelah, letih dan tetesan keringat di sekujur tubuh yang membasahi raga tidak lagi kami jadikan sebuah alasan. Karena, kami tahu sarana tempat ibadah ini sangat bermanfaat, siapapun yang melintas dapat melaksanakan sholat di mushola tersebut,” ucap salah seorang tokoh Paguyuban Baraya Kaladi, Rabu 16 Oktober 2019.

Dia menjelaskan, tanah yang ditempati bukan merupakan tanah mati, melainkan tanah salah satu keluarga yang tinggal di samping kali yang mewakafkan mushola.

“Jalan jembatan juga bukan pula jalan mati, karena berbagai sudut pagi siang malam ramai dilintasi sebagai jalan alternatif. Kami tersenyum dengan mirisnya dunia yang maju saat ini. Dan terlintas di hati kami, kalau bukan kita, lalu siapa lagi. Kalau bukan sekarang, kapan lagi. Kalau tidak mandiri, dari mana lagi,” ujarnya.

“Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para pejuang yang tanpa upah, namun berjiwa jasa atas keringat dan niatnya. Semoga berkah. Aamiin,” pungkasnya. (Iyan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook