Prihatin Atas Lingkungan,Bank Sampah Muda Mandiri Diresmikan

BOGOR, INDONEWS,– Bank Sampah Muda Mandiri RW 02 Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, diresmikan di sekretariat bank sampah, Minggu (27/10/2019).

Ketua Bank Sampah Muda Mandiri, Hendra P. Saputra mengatakan, peresmian bank sampah muda mandiri sudah memiliki Surat Keputusan (SK) oleh Kelurahan Harjasari, Kecamatan Harjasari dengan nomor: SK 147112/hjs/Oktober/2019.

“Berdirinya bank sampah ini, pertama atas keprihatinan oleh keadaan lingkungan akibat sampah. Kedua prihatin dengan pemuda banyaknya pengangguran, sehingga ingin pemuda ini ada kegiatan, mengingat pemuda merupakan generasi penerus bangsa,” ucap Hendra seraya menambahkan bahwa peresmian ini juga berkaitan dengan momen Hari Sumpah Pemuda.

Lebih jauh ia menjelaskan, bank sampah sudah melaksanakan penampungan sampah melalui mekanisme. Seperti pengadaan taman baca sejenis perpustakaan, di mana pembaca membayarnya dengan sampah kemudian les private pendidikan, dan itu pun sama dibayar dengan sampah.

“Intinya kami ingin sampah ini bermanfaat dari lingkungan bersih sampah dan manfaat pendidikan untuk siapa saja (warga),” ucapnya.

Kendati demikian, saat ini pihaknya sudah memiliki guru pengajar sebanyak tiga orang dan hanya bisa diberi insentif hasil dari penjualan sampah.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Harjasari Coki Irsanja Herza Rambe mengaku sangat mendukung kegiatan ini .

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan pemuda pemudi di RW 02 Kelurahan Harjasari. Terlebih ini sangat mendukung program Pemerintah Kota Bogor, yakni Bogor Hijau,” jelasnya.

Pantauan Indonews, pada acara peresmian bank sampah, hadir pula Sekretaris Lurah Harjasari yang mewakili Lurah dan Ketua RW 02, Eeng. (Wawan Kurniawan)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook