Warga: Kami Senang Bantuan Rutilahu Terealisasi

Salah satu warga Desa Cipeucang, Anan saat dimintai tanggapan wartawan terkait bantuan pemerintah tersebut

BOGOR, INDONEWS,– Program rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Desa Cipeucang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor telah terealisasi. Alhasil, masyarakat setempat sumringah.

 

Desa Cipeucang mendapatkan bantuan Rutilahu dari APBD Kabupaten Bogor dengan jumlah anggaran sebesar Rp 10 juta per rumah, dan dari Kementrian PUPR berupa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan anggaran sebesar Rp 17,5 juta per rumah.

 

Sekretaris Desa Cipeucang, Abdurahman menjelaskan, ada tiga aspek rumah yang bisa mendapat bantuan Rutilahu. Pertama, rumah itu tidak memiliki keamanan dari segi struktur bangunan.

 

Kedua, rumah tersebut kurang pencahayaan dan sirkulasi udara, dan ketiga rumah harus memiliki standar luasan untuk layak huni.

 

“Artinya idealnya itu, perorang 9 meter persegi atau perumahan tipe 36, karena itu layak untuk satu ayah, satu ibu, dan dua anak,” jelasnya, Senin (28/10/2019).

 

Program Rutilahu dari pemerintah pengawasannya ditangani Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP). Banyak desa di seantero Indonesia yang mendapatkan bantuan rutilahu, untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

 

“Pemerintahan Desa Cipeucang telah merealisasikan pembangunan rutilahu bagi warga penerima, baik dari APBD maupun dari Kementrian PUPR (BSPS) dengan tepat waktu, juga sudah sesuai aturan,” tutur Abdurahman.

 

Beberapa warga desa penerima Rutilahu yang ditemui wartawan Indonews di lapangan mengaku senang dengan adanya bantuan ini. Salah satunya, Kasin yang mendapatkan bantuan Rutilahu dari APBD sebesar Rp 10 juta.

 

“Saya sedang telah menerima bantuan ini. Saya berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan rutilahu kepada saya dan keluarga, sehingga kami merasa myaman di tempat yang sudah layak huni. Saya juga berterima kasih kepada pak sekdes beserta staf Pemerintahan Desa Cipeucang yang telah turun ke lapangan dan membantu proses pengawasan pembangunannya sampai selesai,” ungkapnya.

 

Warga lainnya, Ny. Imas juga mengatakan hal sama. Dirinya mendapatkan bantuan Rutilahu BSPS dari Kementrian PUPR sebesar Rp 17,5 juta. Imas pun bersyukur bisa mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

 

“Senang rasanya pak. Rumah saya jadi bagus dan layak. Saya bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat, termasuk kepada aparatur Pemerintahan Desa Cipeucang yang telah mendata kami sebagai salah satu penerima bantuan Rutilahu. Selama ini memang rumah yang kami tempati sudah rewot dan kalau hujan bocor. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah bagus, dan sangat layak untuk ditempati bersama keluarga,” paparnya.

Imas dan keluarga selama ini tinggal bersama orangtuanya di rumah yang sangat memprihatinkan. Dan setelah mendapatkan pengajuan dari Pemerintahan Desa Cipeucang sebagai salah satu warga yang layak menerima bantuan, akhirnya harapan dan doanya terkabul. (Marlon/Red)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook