Jawa Ternyata Gudangnya Pecatur Berkelas

CILACAP, INDONEWS,– Persaingan babak kualifikasi PON 20 Catur Putra Zona Jawa dinilai menjadi yang paling ketat dibandingkan empat zona lainnya. Sebab selama ini zona Jawa diklaim menjadi gudangnya para pecatur berkelas.

Hal tersebut terbukti dalam proses seleksi yang diadakan di Cilacap dengan diikuti sekitar 30 atlet catur berkelas dari Jateng, Jatim, Jabar, Banten, DIY dan DKI Jakarta. Usai pembukaan babak kualifikasi PON 20 Catur Putra Zona Jawa di Fave Hotel Cilacap pada Selasa (5/11) lalu.

Ketua Pengprov Percasi Jateng, Handoyo Wibowo mengatakan, wilayahnya mengirimkan sejumlah atlet andalannya. Bahkan satu diantaranya merupakan atlet lokal Cilacap bernama Candra Putra yang memiliki mental bertanding cukup kuat.

“Dan ternyata Candra di berbagai even bergengsi mampu mengalahkan lawannya yang bergelar master,” kata Handoyo.

Dijelaskan pelaksanaan kualifikasi zona Jawa di Cilacap dinilai 80 persen dapat menjadi tolak ukur hasil kejuaraan PON 2020 di Papua mendatang. Oleh karenanya ia berharap kontingen asal Jateng mampu merebut gelar juara pada kualifikasi tersebut.

“Jika hanya mendapatkan posisi 3 dan 4, maka harus kembali bersaing dengan atlet dari zona lainnya pada babak play yang bakal berlangsung off di Kabupaten Karo Sumatra Utara,” imbuhnya.

Handoyo menambahkan, dalam kualifikasi kali ini turut diikuti atlet termuda, yakni berusia 17 tahun asal DKI Jakarta bernama Novendra yang dinilai bakal menjadi calon master Indonesia, sedangkan usia tertua kebanyakan berusia dibawah 60 tahun.

Ditargetkan atlet terpilih asal Jawa dapat mendapatkan medali emas pada PON Papua tahun 2020 mendatang.

Sementara itu kepala Disporapar Cilacap, Heru harjanto mengungkapkan, pemkab cilacap telah berkomitmen akan mendukung atletnya yang mampu berprestasi diajang bergengsi, khususnya Pon Papua 2020 mendatang. (and)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook