Jonny Sirait: PWI Harus Jadi ‘Orangtua’ bagi Pekerja Pers

Jonny Sirait

BOGOR, INDONEWS,– Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Bogor bakal melaksanakan pengukuhan anggota muda pada Kamis 14 November 2019, besok.

Tentunya, para kuli tinta menaruh harapan besar dengan adanya wadah kewartawanan ini. Semisal bisa menjaga dan mengankat marwah pers sebagai pilar keempat bangsa.

Hal tersebut disampaikan Pemimpin Redaksi Indonews, Jonny Sirait ketika dimitai tanggapan kedudukan pers dewasa ini.

Pertama, Jonny menyampaikan selamat dan sukses atas pengukuhan anggota muda PWI, khususnya yang bertugas di wilayah Kabupaten Bogor. Dia pun berharap, dengan adanya wadah kewartawanan, fungsi pers bisa semakin optimal dalam mengawal bangsa Indonesia.

Kedua, ia berharap PWI bisa menjadi ‘orangtua’ bagi seluruh insan pers dan tanpa memandang kasta media itu sendiri. Artinya, kata dia, PWI diharapkan bisa merangkul, mendidik dan mengarahkan seluruh wartawan baik itu dari media cetak harian, mingguan atau bulanan, media elektronik baik televisi, radio maupun media online agar menjalankan tugasnya dan fungsinya secara maksimal.

“Bahwa ada dua fungsi pokok daripada PWI ini, yakni meningkatkan profesionalisme wartawan dan memfasilitasi uji kompetensi wartawan atau UKW. Nah lantas sejauh mana sosialisasi UKW ini bagi para wartawan untuk meningkatkan profesionalisme. Sejauh mana juga upaya PWI dalam hal mendorong setiap wartawan untuk mengikuti UKW? Maka saya berharap, PWI Kabupaten Bogor mengagendakan secara rutin dilaksanakannya UKW demi membangun atau meningkatkan profesionalisme wartawan,” ucap Jonny saat dimintai pandangannya, Rabu (13/11/2019).

Sementara disinggung terkait kesejateraan wartawan, Jonny setuju bahwa kesejahteraan wartawan yang bukan menjadi tugas dari Pengurus PWI, melainkan kewajiban dari perusahaan pers atau media yang mempekerjakan para wartawan. Namun Jonny berpendapat, bahwa PWI pun seyogyanya turut andil membantu memberikan masukan kepada perusahaan pers dibawah naungannya agar dapat memberikan kesejahteraan bagi wartawannya.

“Saya paham bahwa PWI sebagai organisasi kewartawanan tidak boleh meminta bantuan atau sumbangan dari pihak mana pun untuk alasan meningkatkan kesejahteraan wartawan. Namun, keberadaan PWI ini sangat penting untuk memberikan dukungan moral bagi perusahaan pers ataupun wartawannya sendiri. Misalnya, PWI mengeluarkan kebijakan agar tiap kepala SKPD, kepala daerah dan seterusnya tidak menganggap ‘remeh’ tugas wartawan dan harus melayani pekerja pers sebagaimana mestinya. Ini kan saran saja ya. Semoga PWI bisa mendorong ke arah sana,” ungkap Jonny.

Ia mencontohkan, saat ini masih ada kepala dinas/instansi atau kepala daerah yang begitu sulit untuk ditemui wartawan ketika ada hal yang harus dikonfirmasikan secara cepat, karena informasi tersebut juga sangat ditunggu masyarakat.

“Terkadang, pejabat juga saling lempar bahkan mereka sembunyi saat dikonfirmasi. Padahal hasil konfirmasi itu ditunggu oleh publik. Kebetulan, Indonews ini juga memiliki media online, jadi terkadang masyarakat berasumsi kalau media online harus cepat dalam menyajikan berita, meski pemahaman saya itu tidak wajib, karena berita tersaji harus sudah memenuhi semua unsur penayangan berita. Tetapi, kita sebagai insan pers juga tidak boleh menjadikan hal itu sebagai alasan untuk ‘mengabaikan’ masyarakat yang tak sabar menunggu fakta dan kepastian sebuah peristiwa,” terangnya.

Jonny juga menyinggung agar dengan hadirnya PWI bisa menjadikan marwah wartawan lebih baik dan tidak ‘dikecilkan’ pejabat atau pihak lainnya.

“Saya yakin, PWI sejauh ini sudah sangat berperan dengan baik, menjalankan tugasnya secara professional. Tetapi, tidak salah jika kita memberikan masukan agar dapat dipertimbangkan dan diimplementasikan sehingga fungsi pers ini bisa berjalan optimal dan berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa,” tambahnya.

“Karya jurnalistik wartawan yang baik adalah karya yang dapat memberi manfaat bagi banyak orang. Karya jurnalistik seperti itu hanya bisa dihasilkan oleh wartawan yang profesional dan memiliki kompetensi. Semoga PWI turut bisa mewujudkan itu semua. Semoga PWI Kabupaten Bogor dapat menjalankan misi mulianya dengan baik. Sukses untuk PWI,” pungkasnya. (bon/red)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook