Mak Acu, Perempuan Tangguh Anti Ngemis

Mak Acu saat menjalankan aktivitas rutin berjualan sayuran

BOGOR, INDONEWS,– Meski tubuhnya tak lagi kekar, namun sosok wanita tua itu masih saja tangguh dalam mejalani kehidupan. Jalannya sudah tertatih-tatih, kulit mulai keriput dan badan nampak berat untuk digerakan, tetapi nenek ini dikasihani dengan cara mengemis. Kerja keras dengan berdagang adalah satu-satunya cara dia bertahan hidup.

Sosok nenek tangguh dan menginspirasi itu adalah Mak Acu. Setiap hari, ia sanggup berjalan kaki hingga puluhan kilo meter untuk menjajakan dagangannya berupa sayuran. Kampung ke kampung ia jelajahi dengan harapan sayuran segar yang dibawanya berbuah uang keuntungan untuk menyambung hidup.

“Ya walaupun nenek ini sudah tidak muda lagi, tapi jiwa usaha atau berdagang nenek masih sangat besar nak. Apalagi nenek dituntut untuk dapat hidup, jualan sayuran adalah satu-satunya cara agar nenek bisa dapat uang. Nenek tidak mau dapat belas kasihan dengan mengemis. Jualan sayuran saja cukup. Allah selalu memberikan kebaikan dan rezeki kepada setiap manusia yang mau bekerja keras dan berdoa,” papar Mak Acu, saat berbincang dengan Indonews, Sabtu (22/11/2019).

Di tengah himpitan ekonomi yang kian hari kebutuhan pokok semakin mahal, Emak Acu lebih memilih berjualan meskipun kondisi kesehatannya yang terus menurun.

Saat berjualan, terkadang suaranya tak karuan karena capek berjalan menjajakan sayuran.

Terkadang, masyarakat yang iba meminta agar belanja sayuran kepada Emak Acu. Karena dengan membeli sayuran kepadanya sama saja sudah membantu Emak Acu meringankan bebannya. (Rahmat)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook