Wali Kota Sukabumi Menjadi Nara Sumber Dalam Penyusunan DRAFT PERGUB Jawa Barat

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menjadi nara sumber dalam penyusunan draft Pergub (Peraturan Gubernur) Jawa Barat, tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lansia (Lanjut Usia) di Jawa Barat, pada Rakor (Rapat Koordinasi) Komda (Komisi Daerah) Lansia Jawa Barat dengan Komda Lansia Kabupaten dan Kota, serta LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Peduli Lansia, di Ruangan Sidang Soehoed Warnaen Bale Wiwaha Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi Jawa Barat, tepatnya tanggal 26 Desember 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi menyampaikan materi tentang Kebijakan Peduli Lansia, yang mengangkat tema Komda Lansia dan perannya dalam pengembangan program lansia di Kota Sukabumi. Dijelaskannya, Pemerintah Kota Sukabumi menggulirkan banyak program dan kegiatan, dalam memperhatikan kalangan lansia. Berdasarkan proyeksi, jumlah penduduk Kota Sukabumi pada tahun 2019 mencapai 344.797 jiwa, serta jumlah penduduk lansia mencapai 46.063 jiwa, yang terdiri dari laki-laki 23.161 jiwa dan perempuan 22.902 jiwa. Sedangkan jumlah Posyandu terintegrasi lansia atau Posbindu mencapai 211 Posbindu.

Dijelaskan pula, Kota Sukabumi sebagai Kota Santun Lansia, berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Sukabumi Nomor : 188.45/257-Dinsos Tahun 2018 tentang Kota Sukabumi sebagai Kota Santun Lansia. Adapun upaya implementasinya dilakukan melalui penataan gedung, kantor dan fasilitas pelayanan publik, yang memperhatikan kebutuhan pelayanan untuk kaum lansia.

Selain itu juga melaksanakan inovasi program dan kegiatan, untuk meningkatkan kualitas hidup lansia, serta penataan dan aksesibilitas sarana ibadah bagi kaum lansia. Selanjutnya membentuk kawasan ramah lansia pada lingkungan kantor, taman kota dan taman umum lainnya. Sedangkan peran dan tugas Komda Lansia Kota Sukabumi, diantaranya memberdayakan lansia serta dapat berperan aktif dalam pembangunan. Disamping itu, juga menjaga dan meningkatkan kesehatan, produktifitas dan kesejahteraan lansia. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).(roh)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook