Pospera Bakal Berikan Bantuan Psikologis pada Anak Korban Banjir

Keluarga besar Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kabupaten Bogor, berfoto bersama sebelum menyerahkan bantuan bagi korban banjir dan longsor di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

BOGOR, INDONEWS,– Dapil Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kabupaten Bogor bakal memberikan bantuan psikologis untuk membantu menghilangkan trauma kaum yang rentan, khususnya pada anak-anak yang menjadi korban banjir Kabupaten Bogor.

“Kita bersama-sama prihatin atas musibah ini. Lalu dari sisi psikologis, kita gerakkan teman-teman dari Pospera untuk membantu supaya tidak ada trauma psikologis, khususnya bagi anak-anak,” kata Ketua DPC Pospera Kabupaten Bogor, Sasha Sambyah, SE., MM., Minggu (05/1/2020).

Bantuan psikologis, kata dia, diberikan untuk menghindari adanya dampak berpindahnya pengungsi yang tadinya tinggal di rumah tapi kemudian harus mengungsi yang dapat menyebabkan tekanan.

Ketua Ketua DPC Pospera Kabupaten Bogor, Sasha Sambyah menggendong anak yang menjadi korban banjir. Pospera juga akan memberikan bantuan psikologis bagi anak-anak tersebut.

“Namun perlu dikethaui, Pospera juga akan berperan aktif mengecek kesehatan korban banjir, agar tidak muncul penyakit maupun wabah,” ucap Sasha.

Lewat Dapur Umum

Lebih jauh Sasha mengatakan, Pospera dalam memberikan bantuan kepada para korban banjir telah mendirikan posko yang dinamai dapur umum di di SD Negwri Sukajaya 03, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

“Dapur umum ini melayani pengungsi. Tiap hari 3 kali sehari kita lakukan pelayanan dengan jumlah pengungsi 600 orang. Dapur umum ini melayani sampai tanggal 5 Desember 2020 atau sampai hari ini. Dapur umu kita buka sejak tanggal 1 Januari 2020,” tutur dia.

Ketua Ketua DPC Pospera Kabupaten Bogor, Sasha Sambyah, SE., MM., saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir.

Sasha menegaskan, pasca bencana banjir, Pospera juga akan melakukan pengobatan dan penghiburan pada anak-anak.

“Ya itu tadi, memulihkan physikologis anak-anak sangat penting dan akan kita lakukan, Kalau soal waktunya kapan, akan segera kita agendakan,” katanya.

Terjunkan Ambulans

Pospera yang merupakan besutan Adian Napitupulu yang saat ini dipimpin Mustar Manurung sebagai ketua umum juga telah menerjunkan 7 unit ambulans untuk para korban bencana banjir dan longsor di Desa Sukajaya, Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor.

“Kalau ambulans itu dari Pospera Jawa Barat, pada Kamis 2 Januari 2020. Intinya kami tidak akan pernah lelah dan menyerah untuk demi kemanusiaan. Pospera selalu siap siaga dan aksi cepat,” tambah Sasha.

Selain 7 unit ambulans, imbuhnya, Pospera Jabar juga membawa bantuan makanan dan pakaian layak untuk para korban.

Sasha yang juga sebagai Ketua Tim Aksi Cepat Pospera Jawa Barat menyampaikan, bantuan tersebut langsung dibawa dan diserahkanb para tim aksi cepat kepada korban bencana melalui puskesmas dan rumah sakit terdekat. (bon)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook