Serahkan Bantuan Rp100 Juta, Jokowi Tinjau Lokasi Bencana di Bogor

Presiden Jokowi saat berbincang dengan warga, saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Bogor untuk meninjau lokasi bencana alam, Selasa (7/1/2020).

BOGOR, INDONEWS,– Meski diguyur hujan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan tetap melanjutkan agenda untuk meninjau lokasi longsor di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/1).

Namun tak lama kemudian, rombongan presiden terpaksa balik arah dan kembali ke kantor desa karena cuaca dan kondisi yang tidak memungkinkan.

Awalnya Jokowi bersama rombongan menteri meninjau korban banjir dan longsor di Desa Harkat Jaya. Jokowi dan rombongan tiba di Kantor Desa Harkat Jaya, sekitar pukul 09.10 WIB.

Pantauan Indonews, dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam, Jokowi langsung menghampiri warga di kantor desa yang menjadi posko bantuan.

Ia juga menyerahkan paket sembako kepada para warga terdampak bencana. Paket sembako diserahkan oleh para relawan kepada warga yang berkumpul di Kantor Desa Harkat Jaya. Selain sembako, Jokowi juga menyerahkan langsung bantuan berupa uang tunai sebesar Rp100 juta.

Usai berbincang dengan para warga, Jokowi lantas bergegas menuju lokasi longsor yang menutup jalan Desa Harkat Jaya. Jalan utama desa itu tertutup material longsor.

Mengenakan sepatu sneakers, mantan Wali Kota Solo itu terus berjalan mendekati titik longsor. Di lokasi longsor tersebut sudah terdapat ekskavator yang digunakan untuk membuka jalan.

Namun, saat Jokowi hendak lebih dekat melihat lokasi longsor, hujan turun deras. Ia pun mengurungkan niat mendekati lokasi longsor dan memilih balik arah.

Momen tersebut pun dimanfaatkan warga Kabupaten Bogor untuk berswafoto dan bersalaman dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden batal melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor, Minggu (5/1/2019), dikarenakan helikopter yang membawanya tak bisa mendarat karena cuaca ekstrem.

Berkaitan dengan kunjungan presiden itu, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor turut berupaya menyambut kedatangan presiden, dalam rangka meninjau kondisi terkini, khususnya pasca-diterjang banjir bandang beberapa hari lalu.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor HR. Bayu Syahjohan didampingi Sekretaris DPC H. Bambang Gunawan mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk kehadiran presiden.

“Tadi kader PDI Perjuangan juga turut mendampingi presiden dan rombongan saat berada di Kabupaten Bogor. Kami memberikan informasi kondisi terkini pasca-bencana kepada rombongan presiden. Kami juga turut membantu penyaluran bantuan dari presiden,” jelas Bayu.

Ketua PAC PDI Perjunagan Sukajaya, Dedi saat bersalaman dengan persiden dan menyampaikan apa yang menjadi keluhan warga.

Dikatakan, setelah mengetahui adanya informasi akan ada kunjungan kepala negara, DPC PDI Perjuangan mengintruksikan kepada jajaran PAC agar turut membantu rombongan presiden.

“Salah satu yang membantu rombongan presiden adalah Ketua PAC PDI Perjunagan Sukajaya, Dedi. Dia tak hanya bersalaman, namun menyampaikan apa yang menjadi keluhan masyarakat serta apa saja yang dibutuhkan masyarakat,” pungkas Bayu.

Di tempat berbeda, Ketua PAC PDIP Sukajaya, Dedi menyebutkan, pihaknya telah menyampaikan beberapa hal yang sangat diperlukan masyarakat, salah satunya bantuan logistik.

“Tadi saya sempat berbincang dengan beliau (Jokowi, red). Sesuai arahan dari Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, saya sampaikan kebutuhan warga terdampak banjir. Tadi kami juga membantu penyaluran bantuan,” pungkasnya. (red/bon)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook