SEKDA IYOS ; Pencak Silat Warisan Budaya Sunda, Harus Mendunia

CIBOLANG,INDONEWS — Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri memimpin rapat pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), diruang rapat DPKUKM, Cibolang Jumat (10/1/2020).

Menurut Sekda, Pencak Silat merupakan Budaya Sunda yang harus terus dipertahankan dan dilestarikan. “saya atas nama pemerintah daerah merasa bangga karena peran dan eksistensi IPSI sudah diakui oleh UNESCO, maka harus mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut secara berkelanjutan”.

Selain itu, H. Iyos Somantri menambahkan bahwa IPSI kiprahnya harus semakin diterima oleh semua kalangan masyarakat. “sehingga masyarakat dapat mengamalkan dan menerapkan filosofis pencak silat dalam kesehariannya, terkait dengan program IPSI kedepan dalam memberikan Pelatihan dan mengadakan pertandingan secara berkala sehingga ditiap Kecamatan dapat menghasilkan atlet-atlet pencak silat yang profesional”.

Agenda Kedepan IPSI akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dalam Extrakulikuler SD dan SMP. “Kedepan pencak silat akan menjadi Extrakulikuler tambahan SD dan SMP, Untuk itu kita akan bekerjasama dengan disdik, baik itu pelatih, wasit dan lain sebagainya sehingga bisa berkolaborasi dengan guru-guru yang ada di sekolah”.

Sekda berharap Pencak Silat harus terus mendunia, sehingga menjadi olahraga populer dan diminati masyarakat luas dan mengharumkan bangsa dan negara.(dev)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook