Suasana Hangat Ketua dan Mantan Ketua DPRD Kab. Bogor Pecah di Cileuksa

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto didampingi Danrem Suryakencana Brigjen (TNI) Novi Helmy Prasetya dan Wakil Ketua Komisi III Aan Triana Al-Muharom berinisiatif meninjau pembukaan akses jalan menuju Desa Cileuksa yang terisolir di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Selasa, 14 Januari 2020.

BOGOR, INDONEWS,— Setelah mengunjungi beberapa titik bencana alam, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto didampingi Danrem Suryakencana Brigjen (TNI) Novi Helmy Prasetya dan Wakil Ketua Komisi III Aan Triana Al-Muharom berinisiatif meninjau pembukaan akses jalan menuju Desa Cileuksa yang terisolir di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Selasa, 14 Januari 2020.

Rombongan ini juga ikut mengawal alat berat dari Kementerian PUPR agar bisa maksimal dalam pengerjaan akses tersebut serta arus distribusi logistik dan obat-obatan bagi pengungsi yang ada di Desa Cileuksa melalui rute Bogor – Jasinga – Cipanas, Kabupaten Lebak – Puskesmas Lebak Gedong – Kp. Rancabebek – Cileuksa terbuka.

Tiba di satu titik di Cileuksa, mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor H. Ade Ruhandi, SE yang akrab disapa Jaro Ade menyambut rombongan.  Seperti diketahui, Jaro Ade berada di lokasi bencana sejak hari pertama. Selain itu dirinya yang berinisiatif membuka jalur alternatif ini dengan dana swadaya agar bantuan bisa masuk, karena hanya jalur ini yang memungkinkan diakses setelah parahnya kondisi jalur utama melalui Desa Pasir Madang.

Suasana hangat langsung tercipta ketika Ketua DPRD Rudy memeluk seniornya itu dengan mengatakan, “Sehat Senior? Senior harus pulang dulu ke Cibinong, ini kami ke sini sekalian mau jemput senior lo,” canda Rudy.

Jaro Ade pun dengan senyum merekah menjawab: “Terima kasih atas perhatian semuanya. Saya siap kembali ke Cibinong lagi nanti setelah jalan ini rampung dan sudah bisa nyaman dilalui kendaraan. Kasihan masyarakat korban bencana di Desa Cileuksa yang sangat membutuhkan bantuan baik logistik maupun obat-obatan,” timpal Jaro Ade.

Mereka juga berdialog tentang teknis pengerjaan akses tersebut. Sementara bantuan berupa alat berat dari Kementerian PUPR terlihat sudah tiba di lokasi dibantu personel TNI dalam pengerjaannya.

Jaro Ade berharap, semakin banyaknya alat berat, segera bisa membuka akses kampung-kampung yang masih terisolir.

“Satu alat berat ini Alhamdulillah sudah masuk ke Cileuksa Utara yang juga pusat Desa Cileuksa. Mudah-mudahan nanti kedepan ketika jalan sudah bagus, bisa diperbanyak agar akses ke dua belas kampung yang masih tertutup longsongan bisa segera di buka juga,” ujar mantan Ketua DPRD Kab Bogor masa bakti 2014-2018 itu.

Lalu dengan diantar Jaro Ade, rombongan Ketua DPRD meninjau beberapa titik bencana longsoran sambil berjalan kaki membawa bantuan yang disambut dengan antusiasme masyarakat Desa Cileuksa. Selanjutnya Rudy menyapa para pengungsi di tenda-tenda pengungsian sementara di depan kantor Desa Cileuksa dan berdialog dengan masyarakat yang kehilangan harta bendanya saat bencana.

Terakhir, rombongan menuju ke pos kesehatan Desa Cileuksa untuk melihat beberapa masyarakat yang sedang dirawat karena sakit dan memastikan ketersediaan stok obat-obatan.

Rudy berpesan agar masyarakat di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu apalagi masih tinggal di tenda-tenda darurat untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan, mengingat saat ini banyak pengungsi jatuh sakit.

“Sebisa-bisa kita untuk menjaga kesehatan di tengah kondisi darurat seperti ini. Mudah-mudahan Allah melindungi kita semua,” ungkap Rudy. (bn)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook