M. Yunus PBA: Kader PP Wajib Mempertahankan Ideologi Pancasila

Rapat Pemilihan Pengurus Pimpinan Anak Cabang (RPP PAC) Pemuda Pancasila, Kecamatan Kemang di Joglo Keadilan Yayasan Satu Keadilan (YSK), Jalan Parakan Salak 1, Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (19/1/2020).

BOGOR, INDONEWS,– Ormas Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor telah melaksanakan Rapat Pemilihan Pengurus Pimpinan Anak Cabang (RPP PAC) Pemuda Pancasila, Kecamatan Kemang. Acara dipusatkan di Joglo Keadilan Yayasan Satu Keadilan (YSK), Jalan Parakan Salak 1, Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (19/1/2020).

Acara dihadiri Ketua MPC PP Kab. Bogor M. Yunus PBA didampingi Sekretaris MPC Robby Tuhumury, Ketua Demisioner PAC PP Kecamatan Kemang Asep Mulyadi, Kepala Desa Kemang Entang Suana, Ketua YSK Sugeng Teguh Santoso, Ketua Ormas BPPKB Kemang Asik Ahmad Husen serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Usai acara, Yunus PBA mengatakan, RPP PAC ini proses yang harus dijalani semua pengurus dan anggota Pemuda Pancasila di tiap tingkatan.

“PAC PP Kemang akan mematuhi semua prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan pimpinan organisasi sesuai dengan AD/ART ormas yang telah ditetapkan. Pancasila Abadi. Kita sepakat tetap bersatu padu dan bergandengan tangan guna membangun organisasi menjadi lebih kuat dan tetap berjuang mempertahankan Ideologi Pancasila,” jelas dia.

Ditambahkan, sejak dilahirkan pada 28 Oktober 1959, sesuai AD ART PP, seluruh anggota dan kader Pemuda Pancasila berkewajiban untuk terus berjuang dan mempertahankan ideologi Pancasila.

“Pemuda Pancasila harus terus bersatu padu dalam wadah terorganisir dan satu komando organisasi. Wajib hukumnya seluruh kader PP bermitra dengan jajaran Pemerintah, TNI, Polri dan semua unsur birokrasi lainnya hingga level pemerintahan desa,” ujar Yunus.

Dia menegaskan, seluruh anggota dan kader Pemuda Pancasila jangan pernah terpecah belah dan tercerai berai sebagai anak bangsa dengan dalih perbedaan agama, suku, ras atau golongan.

“Banyak isu yang dikembangkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab untuk memecah belah bangsa Indonesia. Saya tegaskan, seluruh kader Pemuda Pancasila harus hadir dan siap membela kesatuan dan persatuan bangsa serta menjaga kemitraan dengan pemerintah, TNI dan Polri,” katanya. Yunus pun pada kesempatan itu membuka secara resmi RPP PAC PP Kecamatan Kemang.

RPP PAC PP Kemang merupakan kegiatan yang ke 37 dari 40 wilayah kecamatan yang ada di struktur kepengurusan tingkat kecamatan di Kabupaten Bogor. Dia menjelaskan, saat ini tinggal 3 PAC yang belum melakukan RPP, yaitu Kecamatan Rumpin, Rancabungur dan Tanjungsari.

“Kami MPC PP Kabupaten hadir guna memfasilitasi dan memantau semua proses RPP PAC. Jika terjadi hal-hal yang melanggar atau tidak memenuhi syarat prosedur dan mekanisme aturan sesuai AD ART, maka MPC PP berhak mengambil alih kegiatan RPP PAC,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemuda Pancasila merupakan sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959. Sejak 1981 dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno.

Menurut praktisi hukum sekaligus Ketua YSK, Sugeng Teguh Santoso, di era kepemimpinan Jokowi ini, ormas Pemuda Pancasila memiliki momentum paling strategis untuk berkiprah lebih baik di tengah masyarakat.

“Pemuda Pancasila adalah satu-satunya ormas yang menyandingkan nama Pancasila di dalam nama organisasi. Maka peran ormas ini sangat penting untuk terus dikembangkan lebih baik sesuai dengan program ideologisasi Pancasila yang terus dilakukan oleh pemerintahan Jokowi,” ucapnya. (bn)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook