BUPATI Sukabumi ; Sebagai Perencanaan Strategis, RKPD DisusunDengan Akurat Dan Berkualitas

SUKABUMI,INDONEWS — Salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD adalah Penyelenggaraan forum konsultasi publik, hal tersebut dilakukan sebelum dilaksanakannya kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten.

Tujuan diselenggarakan forum konsultasi untuk menindaklanjuti ketentuan pasal 80 ayat 1 Permendagri nomor 86 tahun 2017, yang menyatakan bahwa rancangan awal RKPD harus dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. “Forum konsultasi publik dimaksudkan untuk menjaring pemikiran pemangku kepentingan pada tahap awal terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2021. Output dari konsultasi publik juga diharapkan menjadi komitmen seluruh stakeholder dalam menentukan arah pembangunan pada tahun 2021” terang Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dalam Pembukaan Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2021 di Bale Pangripta Bappeda Palabuhanratu, Jumat (31/1).

Menurutnya, Kegiatan ini menjadi momen yang sangat strategis untuk berkomunikasi dan berkoordinasi terkait rencana pelaksanaan pembangunan yang akan menjawab isu-isu strategis. “RKPD sebagai dokumen pembangunan tahunan daerah harus mampu menggambarkan adanya integrasi pembangunan lintas sektor, sehingga penyelenggaraan pembangunan tahun 2021 akan lebih terarah, terintegrasi, terukur dan akuntabel, serta mampu menjawab isu-isu strategis yang ada” jelasnya.

H. Marwan Hamami berharap dalam penyusunan RKPD tahun 2021 dapat dilakukan dengan lebih seksama dan komprehensif, baik dari sisi substansi maupun prosedur penyusunannya. “Dengan demikian dapat dihasilkan dokumen perencanaan berkualitas untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dan tantangan yang kita hadapi secara tepat dan strategis” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, DPRD Kab. Sukabumi yang mewakili, Kepala Bappeda Prov. Jabar yang mewakili, para Kepala Perangkat Daerah Kab. Sukabumi, para tokoh masyarakat serta undangan lainnya.
(roh)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook