Kado Istimewa untuk Partai dan Ketua Umum, DPC PDI Perjuangan Menanam Pohon

BOGOR, INDONEWS,– Dalam rangka peringatan HUT PDI Perjuangan ke-47, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Bogor kembali menyelenggarakan kegiatan positif. Kali ini, kegiatan yang dilaksanakan bertajuk melestarikan alam.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, HR. Bayu Syahjohan menyebutkan, acara kali ini ialah penanaman pohon.

“Nama kegiatannya Pencanangan Lueweung Padjajaran. Ini merupakan gerakan nasional penanaman pohon dalam rangka HUT PDI Perjuangan ke 47. Kalau temanya, melestarikan lingkungan, memelihara hutan dan sungai sebagai simbol peradaban,” ujar Bayu, Jumat (31/1/2020).

Dikatakan, selama ini PDI Prrjuangan sangat mengapresiasi pihak-pihak yang menyelenggaran penanaman pohon.

“Pastinya  kami sangat mengapresiasi atas dukungan terhadap gerakan penghijauan, dan komitmen menjaga lingkungan, hutan dan sungai sebagai simbol peradaban,” jelasnya.

Terlepas dari itu, imbuh Bayu, momen ini begitu isitimewa karena bukan hanya PDI Perjuangan yang berulang tahun, namun ketua umum partai berlambang banteng, Megawati Soekarnoputri juga bertambah usia.

“Kami pengurus DPC PDI Perjuangan menguucapkan selamat ulang tahu kepad Bu Megawati, semoga beliau sehat selalu dan panjang umur sehingga perjuangan untuk negeri bisa terus dilakukan dengan ide-ide dan kepemimpinannya yang brilian,” puji Bayu.

Sementara Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, H. Bambang Gunawan menuturkan, dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ke 47, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor juga akan menyelenggarakan lomba Mushabaqah Hifdzil Quran (MHQ).

“Musabaqah Hifzhil Quran adalah bidang musabaqah menghafal Al-Quran dengan bacaan murattal dan menggunakan qira’at Imam Ashim riwayat Hafs serta Mushaf Bahriah (Al-Quran Pojok). Pesertanya terdiri putra (Hafizh) dan putri (Hafizhah). Lomba ini kita selenggarakan karena sangat penting juga untuk keagamaan kita,” kata Bambang.

Namun, tuturnya, penanaman pohon juga tak kalah penting guna merawat dan melestarikan alam. Selain itu, kegiatan penanaman pohon juga sebagai bentuk gerakan mencintai bumi dan bentuk nyata dari kader untuk penghormatan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan. “Nanti seluruh anggota PAC wajib berpartisipasi, karena semakin banyak akan semakin baik,” ujarnya.

Menangkal Bencana

Lebih jauh Bambang menyebutkan, penanaman pohon ini juga sebagai upaya manusia dalam menangkal bencana alam, terlebih beberapa waktu ke belakang Kabupaten Bogor dilandan banjir dan longsor.

“Intinya, banyak manfaat dalam menanam pohon ini, antara lain mengurangi dampak pemanasan global, karena pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global. Kemudian jadi sumber oksigen, menyimpan air dalam tanah untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya, menyerap polusi udara, memperindah lingkungan sekitar, menyediakan tempat tinggal hewan seperti burung, tupai, lebah, dan ular dan mencegah banjir serta mengurangi dampak dari hujan asam,” jelas Bambang.

Selain itu, penanaman pohon juga dapat menciptakan udara tersebar merata karena pohon berguna sebagai pemecah sirkulasi angina, mencegah erosi karena pohon yang memiliki akar serabut berguna untuk mencegah erosi yang menyebabkan tanah longsor. (Bn)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook