Hj. Asyanti Rozana: MHQ Menjalin Ikatan Ukhuwah Islamiyah

Hj. Asyanti Rozana Thalib

BOGOR, INDONEWS,– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Jawa Barat Daerah Pilih (Dapil) 6 Kabupaten Bogor, Hj.  Asyanti Rozana Thalib menghadiri lomba Mushabaqah Hifdzil Quran (MHQ) yang diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Ahad (16/2/2020).

Kepada wartawan, Hj. Asyanti menuturkan, MHQ diharapkan dapat meningkatkan jalinan ikatan Ukhuwah Islamiyah satu sama lain.

“Dalam kegiatan Mushabaqah Hifdzil Quran ini, diharapkan dapat terangkai menjadi sebuah persembahan yang dapat mencapai target-target menumbuhkan dan memacu semangat menghafal serta mempelajari Al-Quran Al-Karim, menjalin ikatan ukhuwah Islamiyah satu sama lain dan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalanisi kandungan Al-Qur’an,” jelasnya.

PDI Perjuangan Kabupaten Bogor Gelar Lomba Mushabaqah Hifdzil Quran

Wanita kelahiran Jakarta ini menambahkan, tujuan MHQ ini juga sebagai ajang meningkatkan pengetahuan dan sumber daya manusia, khususnya di bidang seni baca Al Qur’an dan pemahaman tentang isi Al Qur’an.

Menurut wanita kelahiran Januari tahun 1964 itu, lomba MHQ digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun PDI Perjuangan ke-47 sekaligus sebagai momen membiasakan membaca kitab suci sejak dini.

“Lebih dari itu, PDI Perjuangan berkomitmen melakukan syiar dan dakwah tentang membumikan Al qur’an yang menjadi tujuan utama dari pelaksaan Musabaqah Hifzhil Quran ini. Hal tersebut harus menjadi nafas serta sebagai pegangan hidup yang hakiki dan menjadi kepribadian masyarakat. Karenanya, hakekat, makna, dan tujuan Musabaqah Hifzhil Quran dipegang teguh, sehingga Al qur’an diresapi, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Dikatakan, MHQ juga sangat penting diikuti oleh para remaja dalam rangka mempersiapkan diri untuk memiliki jiwa the winner dalam segala hal, apalagi dengan tantangan dan kemajuan zaman kali ini.

“MHQ secara umum dapat mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Alquran telah diturunkan sebagai pegangan dan panutan bagi umat manusia dalam mencapai kehidupan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Salah satu upaya kita dalam mendalami arti makna di dalam Alquran, sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan yang Maha Esa, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Musabaqah Hifdzil Quran. Dimana melalui momentum ini juga sekaligus untuk meningkatkan syiar agama Islam,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ke 47, PDI Perjuangan Kabupaten Bogor menyelenggarakan lomba MHQ di sekretariat DPC PDI Perjuangan, Jalan Raya Tegar Beriman No. 45 Cibinong.

Lomba ini dibuka untuk tiga kategori, yakni tingkat SLTP/Sederajat, SLTA/Sederajat dan Umum/Majelis Taklim.

MHQ adalah bidang musabaqah menghafal Al-Quran dengan bacaan murattal dan menggunakan qira’at Imam Ashim riwayat Hafs serta Mushaf Bahriah (Al-Quran Pojok). Pesertanya terdiri putra (Hafizh) dan putri (Hafizhah).

Adapun Juz yang dilombakan ialah 29 dan 30 untuk kategori SLTP/Sederajat, Juz 1, Juz 29 dan Juz 30 untuk kategori SLTA/Sederajat, Juz 1 sampai Juz 2 untuk kategori Umum atau Majelis Taklim. (rd)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook