Koperasi FKM Harus Berperan Menjadi Landasan Ekonomi Bangsa

Foto bersama usai penutupan Pelatihan Managemen Koperasi yang diselenggarakan di Hotel Taman Aer Jl. Raya Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor dari tanggal 18-21 Februari 2020.

BOGOR, INDONEWS,– Guna meningkatkan peran, sejumlah pengurus Koperasi Simpan Pinjam Fajaruli Karya Mandiri (FKM) mengikuti Pelatihan Managemen Koperasi yang diselenggarakan di Hotel Taman Aer Jl. Raya Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor dari tanggal 18-21 Februari 2020.

Ketua pelaksana acara, Drike menyebutkan pelatihan manajemen pengelolaan koperasi/KUD ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahun dan keterampilan di bidang perkoperasian bagi pengurus koparasi di Kabupaten Bogor.

“Hari ini saya menutup secara resmi pelatihan. Namun perlu saya sampaikan bahwa pelatihan pelatihan ini sudah diprogramkan bahkan di Dinas Koperasi, diantaranya pelatihan untuk manager dan bendahara,” jelas Drike.

Drike menambahkan, dinas koperasi terus membagi kegiatan. Rencana pada bulan Maret mendatang, pihaknya akan menggelar pelatihan bagi bendahara di bidang akutansinya.

“Ya rencana programnya bulan Maret. Silahkan nanti untuk info lanjut hubungi saya. Yang jelas pada bulan Maret nanti, kegiatannya khusus untuk bendahara, materinya akutansi. Untuk acara hari ini, kami tidak menutup bagi siapa saja yang ingin memberikan masukan agar pelatihan seperti ini nanti lebih baik lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Dewan Pengawas Koperasi Simpan Pinjam Fajaruli Karya Mandiri, Jonny Sirait, AMd berharap para peserta pelatihan akan mampu membenani pengelolaan koperasi masing-masing, termasuk melengkapi kepengurusan tiap koperas.

“Yang pasti dengan adanya pelatihan, pengurus harus melakukan pembenahan koperasi agar semakin baik,” ujar Jonny.

Jonny menyatakan pihaknya akan mengarahkan dan mengawasi kegiatan setiap koperasi FKM. Pelatihan manajemen koperasi itu disebut Jonny akan menambakah kemampuan manajemen para pengurus koperasi di Kabupaten Bogor.

“Jadi isitilahnya, bekerja hari ini adalah masa depan Koperasi FKM. Kami tahu pembinaan seperti itu akan terus dilakukan setiap tahun. Pembinaan itu untuk memberdayakan dan juga mengembangkan koperasi di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ia juga berharap setiap pengurus koperasi di Kabupaten Bogor, khususnya di Koperasi Fajaruli Karya Mandiri mampu menggarap potensi ekonomi di Kabupaten Bogor.

“Potensi di Kabupaten Bogor cukup banyak untuk dijadikan produk unggulan maupun untuk dikomsumsi masyarakat. Kami harapkan koperasi  bisa mengubah kehidupan masyarakat di Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Lebih jauh Jonny memaprakan bahwa fungsi koperasi begitu beragam. Koperasi, kata dia, adalah sebuah badan usaha yang memiliki anggota dan setiap orangnya memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Selain itu, setiap orangnya juga memiliki prinsip koperasi dan berdasar pada ekonomi rakyat sesuai dengan asas kekeluargaan yang tercantum pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992.

“Indonesia sendiri memiliki koperasi yang digunakan sebagai landasan perekonomian bangsa. Untuk mengetahui lebih lanjut, perlu dipahami fungsi koperasi tersendiri,” ungkap dia.

Menurutnya, setiap negara memiliki kebijakan masing-masing mengenai perekonomiannya, dan Indonesia memilih bentuk koperasi sebagai salah satu cara untuk menstabilkan ekonomi negaranya.

“Koperasi memliki arti kerja sama. Tujuan diadakannya koperasi dan Indonesia menggunakan koperasi ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya, sehingga tidak menimbun kekayaan sendiri. Saya pun berharap, koperasi Fajaruli Karya Mandiri mampu berperan menjadi landasan perekonimian bangsa  ,” pungkasnya. (Bon)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook