Soal Virus Corona, Bupati Bogor Tegaskan Gaji ASN tak Akan Dipotong

Bupati Bogor Ade Yasin. (Istimewa)

BOGOR, INDONEWS,– Gaji aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tidak akan dipotong untuk menanggulangi wabah virus corona.

Demikian ditegaskan Bupati Bogor, Hj. Ade Yasin, setelah adanya pernyataan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait pemotongan gaji atau tunjangan terhadap ASN.Ade beralasan bahwa tidak semua ASN memiliki gaji atau tunjangan yang cukup untuk disumbangkan.

“Perlu saya sampaikan bahwa ASN (di Kabupaten Bogor) ada yang gajinya Rp 2 juta. Lalu bagaimana mau disumbangkan?” jelas Ade, Kamis (2/4/2020).

Ade Yasin mengaku tak ingin membebani para ASN dengan menyumbangkan gaji untuk mengatasi virus yang menjadi pandemi global tersebut.

“Saya enggak mau juga ASN yang sudah sedikit gajinya, terus dipangkas di situ,” ujar Ade.

Meski begitu, dia mengaku bahwa masih ada pejabat setingkat eselon yang berpotensi untuk menyumbangkan sebagian gaji dan tunjangannya untuk corona. Menurut dia, terdapat pula dana iuran dari KORPRI yang bisa dimanfaatkan untuk menjembatani sumbangan tersebut.

“Nanti kita imbau yang eselon II saja lah. Tapi sifatnya sumbangan gitu dan sudah ada juga iuran di KORPRI. Mungkin kalau mendesak nanti kita pakai di situ,” kata Ade.

Menurut Ade, selama daerah masih bisa menjalankan roda pemerintahan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), maka sumbangan tidak diperlukan. Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanuddin membenarkan bahwa belum ada keputusan terkait pemotongan gaji terhadap ASN.

Ia menyebut, para ASN hanya bersedia memotong gaji, jika itu sesuai petunjuk bupati. Mereka pun telah melakukan pembahasan sampai saat ini untuk menentukan pemotongan gaji atau imbauan iuran.

“Kemungkinan kita sifatnya imbauan saja, bukan pemotongan, seperti kemarin bencana alam lewat KORPRI, urunan. Kan ini sifatnya kemanusiaan juga, jadi bisa sunah muakad jadinya (bisa wajib),” tandasnya. (bn)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook