Data Penerimaan Bantuan Simpang Siur, Banyak Warga Belum Terdata

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Rustandi

BOGOR, INDONEWS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyebut pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan fokus dilakukan di zona merah, di mana luas wilayah Kabupaten Bogor besar, yakni memiliki 40 kecamatan.

Pemkab Bogor melalui Dinas Sosial Kabupaten Bogor mendata warga Kabupaten Bogor agar dapat menerima bantuan dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah, untuk bisa bertahan dan mendukung program PSBB.

Akan tetapi pendataan tersebut belum maksimal, dimana masih banyak warga beramai-ramai mengunjungi Kelurahan Nanggewer, Kab. Bogor untuk mendaftarkan diri.

“Itu sangat tidak mungkin, kami hanya dikasih waktu sejam, dua jam untuk menginput dari jam 18.00 Wib hingga 21.00 Wib,” terang Sarman Kepala Siepem Kelurahan Nanggewer ketika dikonfirmasi Indonews, Senin (13/4/2020).

Ia mengaku kewalahan untuk mendata warga. Sedangkan pendataan sendiri ditutup Sabtu (11/04/20) pukul 17.00 Wib.

“Sampai hari ini masih banyak warga belum terdata yang ingin dan berharap akan bantuan dari pemerintah tersebut,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Rustandi menyebut akan segera mengumpulkan data-data ke RT atau RW agar bisa menginput, dan bantuan tepat sasaran.

Hal tersebut sangatlah bertentangan dimana adanya ketidak samaan informasi yang didapat mengenai waktu berakhirnya pendataan.

Semetara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau untuk para RT, RW untuk segera melakukan kajian ulang dan mensurvei ulang.

“Jangan sampai ada perantau karena alasan tidak ber-KTP di sana tidak dihitung sebagai yang dibantu. Selama ekonominya memang susah dan perlu bantuan itu perlu kita bantu. Tidak boleh ada orang warga Indonesia yang kelaparan di tanah Jawa Barat,”  ujarnya.

Saat ini masyarakat sangat membutuhkan informasi yang akurat mengenai pendataan maupun penerima bantuan sosial (bansos). (Alnieno)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook