Selama Pandemi, Wali Kota Minta Ibadah Ramadan Dilakukan di Rumah

Wali Kota Depok, Mohammad Idris.(Foto: Diskominfo)

DEPOK, INDONEWS — Menyambut bulan Suci Ramadan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat mengajak agar warga melaksanakan Salat Tarawih di rumah masing-masing selama pandemi Coronavirus atau Covid-19. Begitupun dengan tilawah atau tadarus Alquran.

“Umat Islam tetap diwajibkan menjalankan ibadah Puasa di bulan Ramadan, berdasarkan ketentuan fikih ibadah,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Kamis (23/04/20).

Mohammad Idris menuturkan, adapun acara berbuka puasa yang dilaksanakan di masjid, lembaga pemerintahan, atau swasta sementara ditiadakan. Termasuk peringatan Nuzulul Quran dalam bentuk tabligh akbar juga, imbuhnya, ditiadakan terlebih dahulu.

Dirinya menginstruksikan, apabila ada kegiatan pesantren kilat, dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online. Termasuk, ketika mengadakan silaturahmi atau halal bi halal.

“Tidak melakukan iktikaf di masjid yang biasanya dilaksanakan pada 10 hari terakhir Ramadan. Termasuk tarawih dan takbir keliling,” tegasnya.

Selanjutnya, ujar Mohammad Idris, pembayaran zakat tetap dilakukan oleh para muzaki. Sedangkan petugas pengumpul dan pendistribusian tetap melakukan tugasnya dengan memperhatikan keamanan dan kewaspadaan, seperti menggunakan masker, tidak bersalaman dan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

“Terakhir, umat Islam dan masyarakat Depok pada umumnya,  tidak melaksanakan mudik atau pulang kampung,” tutupnya. (boim)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook