Di Klapanunggal, Penerima Bantuan Didominasi Lansia

Sejumlah lansia berkumpul di kantor desa untuk menerima bantuan

BOGOR, INDONEWS — Masyarakat terdampak wabah Covid 19, Desa Klapanunggal, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor antusias mencairkan bantuan dari pemerintah, Jumat (08/05/2020).

Terpantau, masyarakat yang didominasi lansia yang berdatangan dan berkumpul di kantor desa. Pasalnya, bantuan pemerintah khusus program BNPT atau kartu sembako yang yang berasal dari Bantuan Provinsi Jawa Barat hari itu mulai didistribusikan pada warga penerima.

Bantuan ini sangat dinanti masyarakat yang sudah memenuhi syarat serta kriteria yang sudah ditentukan oleh pemerintah melaui dinas sosial. Program jaring pengaman warga yang terdampak Covid 19 pendistribusian ini sesuai yang sudah ditentukan dan memenuhi kriteria kegiatan ini didampingin oleh tim TKSK.

Tenaga kesejateraan sosial kecamatan serta melibatkan perangkat desa polisi dan TNI. Saat ini angka penerima Bansos kartu sembako bertambah dari sebelumnya ada 125 KK ditambahkan 557 KK total sekitar 682 KK KPM yang keriterianya warga miskin dan lansia data tersebut diambil dari Data DTKS program ini dilaksanakan perdana dan akan berjalan sampai tanggal 18 Mei 2020 kedepan semua desa khususnya Kecamatan Klapanunggal.

Terkait kegiatan ini, Ketua TKSK, Dadang menuturkan bahwa program ini dilaksanakan berdasarkan peraturan pemerintah yang datanya sudah memenuhi kriteria.

“Kami hanya menjalankan tugas sesuai tupoksi. Sasarannya adalah warga miskin dan lansia yang saat ini terdampak Covid 19. Kegiatan ini dilaksanakan sudah melalui mekanisme yang benar karna jika ada data penerimanya yang sudah meninggal secara otomatis ahli warisnya yang akan menerima kartu sembako tersebut,” jelasnya.

Program ini khusus bantuan di masa wabah Covid 19 dan hanya sampai bulan Desember 2020. Kartu tersebut berupa uang bukan sembako dan tidak berikan berupa uang karna ini ada program bantuan pangan Non tunai.

“Program ini juga bekerja sama dengan bank Mandiri. Tujuannya untuk mempermudah akses pecairan dana yang ada dalam kartu tersebut,” pungkasnya. (Firman)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook