Pemdes Tlajung Udik Salurkan Bantuan Kemensos

BOGOR, INDONEWS – Warga yang saat ini terdampak Covid-19 dan dilanda pandemi Virus Corona sangat butuh bantuan dan uluran tangan pemerintah. Pasalnya semenjak pandemi Covid-19 ini semua masyarakat merasa penghasilannya berkurang dan sulit. Saat ini bantuan pemerintah sudah hampir semua bergulir dan sampai ketangan warga.

Pada Kamis (28/05/2020) Pemerintah Desa (Pemdes) Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor mulai mendistribusikan bantuan pemerintah kepada warga. Terlihat warga datang dan mengantre untuk menyetorkan data yang dibutuhkan pihak kantor pos, yang kegiatannya di aula desa. Bantuan tersebut adalah bantuan keluarga miskin dari Kemensos.

Sekretaris Desa Tlajung Udik, Suhardi menjelaskan, pendistribusian bantuan sosial dari kemensos menggunakan data awal yang diminta dari ketua RT di Desa Tlajung Udik, kemudian dilanjutkan ke kemensos melalui TKSK kecamatan.

“Setelah data tersebut turun berdasarkan hasil verivikasi dinas terkait, kami hanya menerima data  jumlah penerima bantuan, yaitu sebanyak 203 kepala keluarga. Proses penyaluran kepada warga melalui kantor pos. Data sudah ada dari kemensos dan disampaikan pada pemdes setelah itu, pemdes hanya meneruskan untuk memberitahukan kepada warga yang sudah ada datanya dari kemensos sehingga datanya disesuai atau dicocokkan dengan data penerima. Kami juga hanya memfasilitasi tempat untuk kantor pos menyalurkan bantuan tersebut,” papar Suhardi.

Untuk sasarannya, tambah dia, pihak desa tidak mengetahui dengan jelas karena hanya menerima data, dan setelah itu bantuan tersebut turun dan disalurkan.

“Selanjutnya kami juga sudah menyiapkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sumber dananya dari dana desa. Harapan saya dengan ada bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19,” pungkasnya. (Firman)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook