Hari Purnomo Dorong Putra Daerah Diberdayakan Pemerintah

Hari Purnomo

BOGOR, INDONEWS – Berawal dari keprihatinan dan kekawatiran melihat kehidupan masyarakat saat ini, mantan anggota tentara ini mencetuskan ide cemerlang yang menginspirasi. Pria bernama Hari Purnomo ini ingin putra-putri daerah diberdayakan pemerintah.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa kehidupan saat ini sulit dan susah karena adanya wabah Covid-19. Apalagi lapangan kerja yang sempit serta sumber daya manusia kurang dan kemampuan daya saing yang tidak mumpuni semakin membuat banyak orang terpuruk. Dengan demikian, kita harus mendorong putra putri daerah untuk diberdayakan pemerintah,” jelas Hari kepada Indonews, Rabu (10/6/2020).

Menurut dia, banyak sekali anggota organisasi masyarakat (ormas) yang memiliki kemampuan dan merupakan sumber daya munusia yang patut diperhitungkan. Tetapi sayang, katanya, mereka tidak dapat diberdayakan dan justru dipandang sebelah mata.

“Menurut saya mereka ini seharusnya jadi perhatian pemerintah agar mereka yang teroganisir dan punya legal standing bisa diberdayakan di masyarakat dan pemerintah, sehingga mereka lebih terarah dan terkesan tidak liar. Serta tidak bisa kita pungkiri juga sering terjadi keributan serta kesalahpahaman antara ormas itu sendiri. Faktornya adalah kurang perhatian dan tidak terakomodir oleh pemerintah,” ujarnya.

Lebih jauh hari mengatakan, saat ini banyak sekali putra putri daerah di perkampungan atau di desa yang tidak diperhatikan pemerintah, baik dalam sisi pekerjaan sudah diciptkan maupun difasilitasi pemerintah.

“Peran pemerintah dinilai kurang maksimal serta kurang jelasnya sistem yang diterapkan dalam memberikan keahlian atau skill kepada mereka-mereka. Putra-putri daerah yang seharusnya bisa diberdayakan dan dipekerjakan di daerahnya sendiri justru itu tidak terjadi. Persoalan ini yang seharusnya jadi perhatian khusus, namun bukan hanya dari pemerintah, akan tetapi kita semua,” tambahnya.

Menurut Hari, semua pihak harus ikut andil dalam menciptakan serta memberi ruang bagi mereka agar terarah dan benar. Saat ini, sambunya, banyak perusahan-perusahan yang bergerak di bidang keamanan. Namun juga belum bisa maksimal dalam mengakomodir putra-putra daerah dan anggota-anggota ormas yang ada di Kabupaten Bogor.

“Kondisi ini seharusnya membuat hati kita peka dan tergerak. Melihat dan membaca persoalan ini memang sangat rumit dan miris, sehingga harus cepat disikapi dan ditindaklanjuti agar tidak terjadi persoalan-persoalan baru lagi,” tandas pria nasionalis tersebut. (red)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook