Rest Area Senilai Rp61 Miliar Dibangun di Jalur Ciawi-Puncak

Foto: Dok. Kementerian PUPR

BOGOR, INDONEWS —  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapkan rest area di kawasan Puncak Bogor, yang terdapat di jalur Ciawi-Puncak. Diketahui anggaran yang dikerahkan untuk pembangunan rest area mencapai Rp61,7 miliar.

Jalur Ciawi-Puncak merupakan jalur wisata yang kerap ramai saat akhir pekan atau libur panjang. Rest area tersebut akan dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti 3 lokasi area parkir dengan total luas 1.774 m2 yang dapat menampung sekitar 500 mobil, masjid seluas 576 m2, Plaza pandang seluas 572,27 m2, meeting point, taman ruang terbuka hijau, serta amphitheater.

Melansir dari lama Instagram Kemenpupr, Jakarta, Senin (3/8/2020), guna mengurangi risiko longsor di jalur ini, Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan program penataan kawasan Puncak.

Salah satu kegiatan penataan kawasan Puncak adalah pembangunan rest area yang dapat mengakomodir para pedagang kaki lima yang direlokasi. Akan dibangun 516 kios seluas 11 m2 yang terbagi menjadi 100 kios basah dan 416 kios kering.

Rest area juga akan dilengkapi beragam fasilitas seperti area parkir, masjid, plaza pandang, taman, kolam retensi, tempat pengelolaan sampah, dan toilet modern. Konstruksi akan dimulai 2020 dan selesai 2021 dengan memanfaatkan lahan 7 ha milik PT Perkebunan Nusantara VIII di dekat kawasan Agrowisata Gunung Mas, Bogor.

Dukungan penataan kawasan Puncak juga dilakukan Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga melalui peningkatan kualitas layanan infrastruktur jalan dan jembatan pada jalur Ciawi-Puncak untuk mengurai kemacetan.

Hal tersebut juga meliputi pelebaran jalur Puncak Bogor sepanjang 6 kilometer. Pengerjaannya terbagi menjadi 5 segmen, mulai dari Gadong (Ciawi) hingga Cisarua (Puncak). ***

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook