Kepsek SMPN 1 Citeureup: Peran Pers Vital untuk Pendidikan

Kepala SMPN 1 Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Taryana (kanan).

BOGOR, INDONEWS – Guna mendapatkan segala informasi yang diinginkan, saat ini sangat mudah dengan kemajuan teknologi. Saat ini, dalam sekejap semua bisa mengetahui segala informasi baik dari dalam maupun dari luar negeri dengan membaca berita artikel.

Demikian disampaikan Kepala SMPN 1 Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Taryana yang mengomentari kemajuan teknologi dan peran pers di dalamnya.

“Teknologi internet memberikan berita atau informasi mulai dari hiburan, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Kita bisa baca dan mennikmati ini dari media massa elektronik, cetak, media online atau pers,” ungkap Taryana di ruang kerjanya, Kamis (13/8/2020).

Dalam Pasal 33 Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, dikatakan bahwa fungsi pers adalah sebagai media informasi pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial.

Menurut Taryana, peran pers amat vital bagi dunia pendidikan, termasuk dalam melahirkan prestasi di sekolah.

“Pers itu ya seperti sekolah, fungsinya untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Pers juga berguna untuk pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan serta bisa mendorong untuk berbuat kebaikan,” tuturnya.

Dikatakan, pers juga sebagai kontrol sosial, yakni mengoreksi, mengkritik sesuatu yang sifatnya konstruktif.

“Artinya sesuatu yang membangun, bukan merusak. Sudah semestinya pers bisa melaksanakan kontrol sosial guna mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan. Kehadiran pers itu untuk memperbaiki keadilan, kontrol sosial yang dilakukan oleh media massa (pers) menjadi sangat penting,” tandasnya. (Oloan)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook