Dasa Dharma Pramuka Wujud Pendidikan Karakter Bangsa

SUKABUMI, INDONEWS — Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memimpin Peringatan Hari Pramuka ke-59 tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2020 dilaksanakan di Aula Setda Palabuhanratu, Sabtu (15/08/2020) lalu.

Dalam Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan oleh Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi menyampaikan Tema Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 adalah “Peran Gerakan Pramuka ikut membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 Dan Bela Negara”

“Ini merupakan perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya,” ungkap H. Marwan.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan bakti sosial yang dilakukan para pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter, untuk menumbuhkan kepribadian yang bertakwa, berakhlak mulia, beriman, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun negara kesatuan republik indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa, tanpa memandang perbedaan yang ada, baik suku, agama, ras, maupun aspirasi politik,” ujarnya.

Marwan berharap melalui Gerakan Pramuka bisa memberikan motivasi pembinaan dan solusi atas persoalan generasi muda.

“Sehingga peran pramuka lebih bisa memberikan jawaban baik, dan bisa memicu selain dalam pendidikan tapi juga untuk masyarakat umum, karena dari dasa dharma apabila diimplementasikan dalam kehidupan akan menjadi insan bermanfaat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan Penganugerahan Tanda Penghargaan dari Ketua Kwartir Nasional kepada Bupati Sukabumi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kabupaten Sukabumi berupa Lencana Karya Bhakti sebagai wujud kepedulian terhadap penanganan kebencanaan yang diserahkan oleh Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi M. Solihin.

Kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda penghargaan kepada perwakilan penerima Melati, Dharma Bhakti, Pancawarsa dalam pembinaan Gerakan pramuka serta penyerahan hadiah perlombaan SCINO 2020 (Scout Guide Creation In New Normal) dengan kategori Poster AKB diraih oleh Kwaran Jampangkulon (Juara 1), Kwaran Sukabumi (Juara 2) dan Kwaran Cibadak (Juara 3), sedangkan untuk kategori Video AKB Juara 1 diraih Kwaran Kabandungan, Juara 2 Kwaran Sukaraja dan Juara 3 Kwaran Purabaya. (roh)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook