Dana Desa Terserap untuk Covid-19

Adi Sofyan, PLT. Kades Tlajung Udik

BOGOR, INDONEWS – Masing-masing desa ketika mengajukan anggaran dana desa ke pemerintah pusat (APBN), mereka sudah terlebih dahulu menyusun Rencana Kerja Pembangunan (RKP).

Pada  hakekatnya, penggunaannya untuk meningkatkan kesejahteraan warga melalui berbagai pembangunan di lingkungan pemukiman, seperti infrastruktur (jalur lintas antar lingkungan), pemberdayaan potensi masyarakat, ekonomi rakyat kecil dan berbagai sektor lainnya.

Namun, realitanya bahwa satupun dari sekian banyak program tersebut tidak dapat terealisasi, sebab seluruh penggunaannya dipakai untuk biaya penanggulangan dampak Covid-19. Tentu semua dilakukan berdasarkan kebijakan pemerintah pusat (Presiden).

Penelusuran Indonews di beberapa desa, bahwa tahap kedua sudah cair dan sudah digunakan seluruhnya untuk Covid-19. Seperti di Desa Tlajung Udik, Desa Bojongnangka, Desa Kranggan yang semuanya di Kecamatan Gunung Putri.

Plt. Kades Tajung Udik Adi Sofyan membenarkan hal ini ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (24/8). “Tahap kedua, DD sudah cair dan semua digunakan untuk peanggulangan dampak Covid-19,” kata dia.

“Bahkan tahap ketiga pun masih kita persiapkan untuk biaya yang sama, sebab PSBB di Kabupaten Bogor masih diperpanjang,” ujarnya lagi.

Adi Sofyan selain menjabat sebagai PLT, juga saat ini sebagai staf di Kecamatan Gunung Putri. Dia cukup berpengalaman dalam memimpin atau mengelola pemerintahan desa, sebab sebelumnya lama menjabat sebagai Sekdes Bojongnangka, sebelum ditugaskan di kecamatan (status pegawai negeri hasil pengangkatan serentak para Sekdes menjadi PNS beberapa tahun lalu).

Adi Sofyan bejanji, akan melakukan tugasnya dengan baik sebagai Plt Kades Tlajung Udik, hingga nantinya terpilih kepala desa baru hasil pilkades serentak tahun ini di Kabupaten Bogor.

“Tahapannya, rencana bulan Desember dan diperkirakan awal 2021 sudah ada kepala desa baru,” ujarnya. (Oloan/John)

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook