Soal Bangunan Tanpa IMB, UPT Cibinong Akan Tingkatkan Pengawasan

Ilustrasi

BOGOR, INDONEWSBeberapa minggu terakhir ini, banyak sorotan publik serta intensnya media massa terhadap kinerja jajaran DPKPP terkait lemahnya pengawasan. INDONEWS sudah berulang kali menyorotinya atas adanya beberapa bangunan yang terindikasi dibangun tanpa izin (IMB).

Di antara bangunan yang terindikasi tersebut, pada umumnya ditemukan pada bangunan pabrik atau gudang  ketika terjadi penambahan atau perluasan bangunan. Tetapi pada bangunan lainpun seperti bangunan rukan (rumah kantor ) juga masih ada ditemukan. Dan tentu, semua pelanggaran ini, selain merugikan pemerintah daerah (berkurangnya PAD ), juga sebagai pemicu maraknya ketidaktaatan masyarakat  atau pembangkangan terhadap aturan yang ada, karena tindakan pemerintah kurang tegas.

Menanggapi hal ini, Kepala UPT Pembangunan 1 Cibinong, Ricky berjanji akan bekerja maksimal dan segera meningkatkan pengawasan sesuai tupoksi yang dimiliki jajarannya.

Dia tidak membantah adanya tudingan tersebut, bahkan berterima kasih atas masukan, kritikan yang positif guna segera ditindaklanjuti. Penegasan ini dikatakan Ricky kepada Indonews yang mewawancarainya, Senin (7/9/2020) di ruang kerjanya.

“Kami hanya memiliki tugas pengawasan terhadap bangunan yang diduga belum punya izin (IMB). Dan kalau terbukti melanggar, maka kami akan layangkan surat peringatan pertama (SP 1) yang akan disusul dengan surat peringatan kedua dan ketiga apabila si pemilik bangunan tersebut tetap membandel,” jelasnya.

Kemudian, sambung Ricky, pihaknya akan menyeerahkan atau melaporkan ke pusat (Dinas DPKPP) guna menentukan sikap atau tindak lanjut.

Ricky kembali dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Kepala UPT Cibinong  dimana sebelumnya sempat dipindahkan sebagai Ka. UPT Ciawi beberapa tahun lalu. Dia mengakui cukup memahami kondisi yang ada di wilayah UPT Cibinong.

Untuk itulah ia berjanji akan bekerja maksimal memulihkan citra pengawasan yang dianggap lemah, bahkan tumpul. Banyak kalangan termasuk para jurnalis mengakui kinerja Ricky selama ini cukup baik. Maka atas prestasi yang baik tersebut, dirinya dipercaya kembali menjabat sebagai Kepala UPT Cibinong. Kepercayaan pimpinan ini tentu akan diuji beberapa waktu kedepan. (johnner/oloan)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook